Dandim Kendal Diberi Kehormatan Tandatangani Prasasti Makam Hizbullah Kaliwungu

Dandim Kendal Diberi Kehormatan Tandatangani Prasasti Makam Hizbullah Kaliwungu

0
145

Swarakendal.com : Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto diberi kehormatan menandatangani prasasti Makam Hizbullah Kaliwungu, Rabu (10/11/2021) yang selesai dipugar. Makam tersebut dilakukan pemugaran sejak 22 Oktober dan selesai 10 November 2021 bertepatan dengan Hari Pahlawan. Asa tiga makam hizbullah yang dipugar, yakni makam Ahmad Nur bin Kyai Mimbar, Masrur bin Kyai Ibrohim Abdussalam dan Subchi bin Kyai Misbah. Selain itu juga memperbaiki makam Kyai Ibrohim Abdussalam yang berada di sebelahnya. 

Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto mengatakan, para pahlawan tidak butuh dikenal di dunia tetapi dikenal akhirat. Ketulusan dan keikhlasan saat berjuang melawan penjajah dan memerdekakan Indonesia tidak mengharapkan imbalan dikemudian hari. “Mereka para pahlawan itu tulus dan ikhlas berjuang tidak ingin mengharapkan imbalan apapun kemudian hari,” ucapnya.

Dandim Iman mengatakan, dari keteladanan dan ketulusan serta keikhlasan para pejuang inilah yang harus ditiru dan diterapkan oleh generasi penerus. Meniru pahlawan yang tidak ingin terkenal atau diberi imbalan, menjadi dasar semua masyarakat dalam berjuang di jalannya masing masing. “Apalagi pejuang Hizbullah ini berjuang tulus dan ikhlas bahkan saat akan diberi penghargaan dari negara menolak karena kelulusannya berjuang,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan keluarga pahlawan Hizbullah, KH Sholahuddin Humaidullah mengatakan, atas nama keluarga mengucapkan terima kasih atas perhatian dengan memugar komplek makam. “Beliau berjuang dengan ikhlas dan tulus mempertahankan NKRI dan tidak ingin mendapatkan imbalan. Bahkan mbah Kyai Ibrahim saat hendak diberi santunan berupa pensiun, tetapi tidak mau karena ikhlas berjuang untuk negara,” tegasnya.

Sedangkan Ketua PAC GP Ansor Kaliwungu Ali Nurudin mengatakan, pemugaran makam pahlawan hizbullah ini merupakan prakarsa anak-anak muda di Ansor sebagai bentuk penghormatan, “Kami memprakarsai pemugaran dan disambut baik keluarga besar pahlawan hizbullah dan Pemdes Krajan Kulon,” ujarnya.