Desa Gondang Limbangan Sajikan Wisata Kampung Alpukat

Desa Gondang Limbangan Sajikan Wisata Kampung Alpukat

0
260

Swarakendal.com : Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal memiliki potensi wisata yang besar. Selain wisata alam, seperti curug, juga wisata kebun. Seperti yang sedang dirintis yaitu wisata Kampung Alpukat. Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang itu merupakan penghasil buah alpukat terbesar di Kabupaten Kendal. Tanaman alpukat tumbuh di setiap pekarangan dan halaman rumah warga, sehingga pengunjung bisa langsung petik buah alpukat dari pohon.

Fauzan, perwakilan pembibitan pohon alpukat dari Karang Taruna Desa Gondang mengatakan, untuk mendukung wisata Kampung Alpukat, tahun ini sudah disiapkan kebun alpukat seluas 2 hektar di Dusun Nambangan. Ada 200 lebih pohon alpukat di kebun yang dijadikan wisata Kampung Alpukat.

“Kebuun yang disiapkan untuk wisata ini sekitar 2 hektar, tapi di sini mayoritas warganya menanam alpukat. Jadi kalau datang ke sini mau beli alpukat langsung itu sudah ada,” jelasnya.

Kepala Desa Gondang Yudhi Susanto mengatakan, meski desanya sebagai penghasil buah alpukat terbesar di Kabupaten Kendal, namun di desanya tidak dijumpai penjual buah alpukat. Pasalnya, selama ini hasil panen alpukat dijual di Bandungan yang sudah dikenal sebagai pasar buah dan pemasok buah-buahan ke berbagai daerah di Indonesia. “Kampung alpukat ini bisa menjadi solusi, alpukat ini bisa dikelola sendiri di sini,” katanya.

Dibukanya wisata Kampung Alpukat itu untuk mendukung objek-objek wisata yang dimilikinya, seperti wisata Lembah Nirwana, Curug Kembar dan Curug Pangleburgongso.  Pengunjung bisa menikmati buah alpukat langsung petik dari pohon. 

Dibukanya wisata Kampung Alpukat juga untuk meningkatkan nilai jual alpukat dengan menghilangkan pola ijon, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.