Di Kendal masih banyak Sekolah belum Punya Perpustakaan

0
635

Keberadaan perpustakaan sekolah di Kabupaten Kendal masih banyak yang memprihatinkan. Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal Toto Karyono mengatakan, perpustakaan sekolah di SD dan SMP, baik negeri maupun swasta secara umum kondisinya belum memadai, bahkan masih banyak sekolah yang belum memiliki perpustakaan. “Rata-rata pengelolaannya juga belum bagus,”katanya.

Toto mengatakan, untuk sekolah dasar, dari sekitar 600 sekolah, rata-rata belum memiliki perpustakaan. Sedangkan untuk SMP koleksi bukunya rata-rata hanya buku-buku paket pelajaran. Karena koleksinya hanya buku-buku paket pelajaran, sehingga jarang dikunjungi para siswa. “Pihak perpusda tidak bisa memberikan bantuan buku, maka kami sarankan supaya minta ke Dinas Pendidikan,”ujarnya.

Toto mengatakan, tahun ini pihaknya sedang fokus melakukan pembinaan terhapat perpustakaan di SMP, baik negeri maupun swasta. Pembinaan lebih fokus dalam pengelolaan perpustakaan. Pasalnya, dengan pengelolaan yang baik diharapkan akan membuat perpustakaan banyak dikunjungi para siswa. “Ada 40 SMP yang akan kami lakukan pembinaan,”katanya.

Selain itu, di tahun ini pihak Perpusda Kendal mencoba mengajak anak-anak TK untuk mencintai perpustakaan. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak-anak TK datang ke Perpusda untuk belajar di perpustakaan. Secara bergilir tiap hari pihak Perpusda menjemput sekolah TK untuk datang ke kantor Perpusda. “Tahap awal kami menjemput sekolah TK dalam kota yang lokasinya dekat. Ke depan akan diupayakan ke semua TK yang ada di Kab Kendal,”pungkasnya.