Di Lahan Bekas Pasar Kaliwungu yang Terbakar akan Dibangun Lapak-lapak Sementara

Komisi B DPRD Kendal sidak Pasar Kaliwungu

0
598

Pembangunan lapak-lapak sementara di Pasar Kaliwungu yang terbakar akan segera dilakukan. Lokasinya berada di area bekas pasar yang terbakar seluas 3.300 meter persegi berupa lapak knock down atau bongkar pasang, supaya nantinya memudahkan pencopotan jika akan dibangun pasar yang permanen. Sebelum dibangun, areanya akan dibersihkan dan ditinggikan terlebih dahulu. Anggarannya akan diajukan pada APBD Perubahan tahun 2018 sebesar 1,6 miliar rupiah. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi B DPRD Kendal, Samsul Huda saat sidak di Pasar Kaliwungu, Selasa 17 Juli 2018 bersama Dinas Perdagangan Kendal.

Samsul Hadi mengatakan, rencana pembangunan lapak sementara tersebut berdasarkan kesepakatan bersama antara Pemkab Kendal dengan perwakilan Asosiasi Pedagang Pasar Kaliwungu beberapa waktu lalu. “Pada awal Juli ini sudah rapat bersama perwakilan pedagang dan sudah ada kesepakatan untuk relokasi di lahan bekas pasar yang terbakar,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Syukron Samsul Hadi mengatakan, jumlah kios dan los sebanyak 567 unit dengan jumlah pedagang sekitar 900 orang. Dikatakan, untuk pembangunan pasar yang permanen, anggaran yang diajukan sudah masuk dalam Simlaras di Bappenas sebesar 50 miliar rupiah. Diharapkan di tahun 2019 sudah ditetapkan Bappenas, sehingga bisa segera dibangun. “Kami akan nterus berkomunikasi dengan pemerintah pusat supaya anggaran yang diajukan segera ditetapkan,”ujarnya.