Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal mengadakan pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM)

0
1202

Swarakendal.com : Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal mengadakan pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 mil yang diikuti 150 nelayan. Pelatihan dilakukan di Tirtoarum Baru Kendal mulai Senin (5/6/2023) sampai Jumat mendatang.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran Banten Kementerian Perhubungan Laut RI. Tim dari Politeknik ini sebagai narasumber pelatihan, baik teori maupun praktek.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, pelatihan ini sangat penting dan dibutuhkan para nelayan. Pasalnya, untuk bisa bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) harus memiliki Sertifikat BST, baik kapal luar negeri maupun kapal samudera. “Pelatihan ini diprioritaskan untuk ABK, karena syarat untuk bisa ikut kapal harus memiliki Sertifikat BST,” tandasnya.

Andy Syafar Muhidin, selaku Penanggungjawab Laboratorium dan Simulator dari Politeknik Pelayaran Banten mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan bekal dasar yang harus dikuasai oleh ABK. Dengan bekal keterampilan ini, maka nelayan bisa mengatasi situasi dan kondisi darurat ketika berada di kapal. “Dengan keterampilan ini tentu akan mengurangi resiko, jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika sedang bekerja di kapal,” katanya.

Sekretaris Himpunan Seluruh Nelayan Indonesia (HSNI) Kabupaten Kendal, Abdul Ghofar mengucapkan terimakasih, karena para nelayan difasilitasi pelatihan ini. Pasalnya untuk mendapatkan Sertifikat BST secara mandiri, nelayan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. “Dengan pelatihan ini, para nelayan bisa mempunyai Sertifikat BST, karena untuk mendapatkan Sertifikat BST harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tapi kali ini gratis, karena difasilitasi oleh DKP Kendal,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.