Dinas Pendidikan Adakan Pelatihan Keterampilan Untuk Masyarakat Tidak Mampu

0
828

Sebanyak 200 peserta mengikuti Pelatihan Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) dan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) tahun anggaran 2015. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Kab Kendal bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Lembaga Kursus da Pelatihan (LPK). Melibatkan 3 PKBM dan 6 LKP dengan waktu pelatihan 200 jam, mulai awal Oktober sampai Desember 2015. Jenis pelatihan meliputi tataboga, tatabusana, tatarias pengantin, otomotif, dan kursus bahasa Korea.

Menurut Koordinator Pelaksana, Maftukhin, pelatihan ini ditujukan untuk keluarga tidak mampu, dengan harapan setelah selesai pelatihan bisa bekerja atau berwirausaha. Untuk program keahlian tatabusana langsung ditempatkan kerja di perusahaan garmen, sedangkan program keahlian lainnya diarahkan untuk berwirausaha. “Kalau kursus menjahit langsung kerja karena sudah ada kontrak kerjasama dengan perusahaan, sedangkan kursus lainnya seperti tataboga akan dibina untuk berwirausaha,”jelasnya.

Sekda Kendal Ir. Bambang Dwiyono, M.T. saat acara pembukaan pelatihan di Aula SMKN 4 Kendal Senin (16/11) berharap, para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, supaya benar-benar mahir. Keterampilan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha, sehigga bisa mengurangi pengangguran, bahkan membuka peluang pekerjaan. “Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan bekal keterampilan untuk bekerja atau berwirausaha,”katanya. (Ab)