Dinkes Kendal Adakan Rapid Tes Massal terhadap Wartawan dan LSM

Dinkes Kendal Adakan Rapid Tes Massal terhadap Wartawan dan LSM

0
363

Puluhan wartawan dan LSM di Kabupaten Kendal melakukan rapid tes di Rumah Sakit Darurat Kendal (RSDK) Selasa 10 November 2020. Rapid tes massal ini difasilitasi oleh Pemkab Kendal melalui Dinas Kesehatan Kendal.

Rapid tes ini dilakukan, karena para wartawan dan LSM termasuk orang yang rentan terkena penularan virus Corona. Pasalnya, hampir setiap hari memiliki mobilitas yang tinggi dan banyak bertemu dengan orang dalam melakukan tugasnya. Selama ini sudah ada dua wartawan yang terkonfirmasi Covid-19. Satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit dr. Soewondo Kendal. Sedangkan yang satunya lagi masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut salah satu wartawan, Nur Kholid, rapid tes bagi wartawan sangat penting untuk memastikan kondisinya benar-benar terbebas dari virus Corona, sehingga aman dalam melakukan tugasnya. Wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik dipastikan bertemu dengan banyak orang, sehingga sangat rentan tertular virus Corona. “Wartawan itu setiap hari selalu ke mana-mana untuk mencari berita dan bertemu dengan orang-orang yang dijadikan narasumber berita, jadi sangat rentan terhadap penularan virus Corona,” katanya.

Sementara itu anggota LSM, Rahmat Dakwah mengatakan, upaya yang dilakukan Pemkab Kendal melalui Dinas Kesehatan Kendal yang mengadakan rapid tes massal terhadap para wartawan dan LSM sangat baik. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal, dalam hal ini Dinkes yang telah memfasilitasi rapid tes massal ini,” ujarnya.

Rapid tes massal terhadap wartawan kali ini merupakan yang kedua kalinya. Bagi yang hasilnya reaktif, maka akan dilanjutkan dengan tes swab untuk memastikan positif tidak terkonfirmasi Covid-19. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.