DPRD Kendal Setujui RAPBD Kabupaten Kendal 2017

0
1667

DPRD Kendal telah menyetujui dan menetapkan Raperda Kab Kendal tentang RAPBD Kab Kendal tahun anggaran 2017 pada Rabu (30/11/2016) dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal. Selanjutnya dilakukan penandatanganan dan persetujuan bersama oleh Bupati Kendal yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Kendal Drs Masrur Masykur dan segenap Pimpinan DPRD Kendal.

Pada APBD Kab Kendal tahun anggaran 2017 disebutkan jumlah Pendapatan Daerah sebesar Rp 1,963 triliun. Sedangkan Belanja Daerah sebesar Rp 2,04 triliun, sehingga defisit sebesar Rp 123,953 miliar. Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengatakan, angka defisit masih wajar, karena tidak lebih dari 3,5 persen. “Defisitnya masih wajar, dan tidak ada masalah, karena sebenarnya masih ada piutang dari sumber pendapatan yang belum tertagih,”katanya.
Prapto mengatakan, pada APBD 2017 banyak terjadi rasionalisasi, karena disesuaikan dengan tagline Kendal Berkhidmat yang menitikberatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik yang prima, dengan program-program yaitu smartdes (desa online), aplikasi PBB, BPHTB, aset, pengadaan barang jasa secara elektronik, peningkatan pelayanan terpadu di kecamatan (paten) dan peningkatan pelayanan dasar masyarakat. “Kami juga minta agar sosialisasi program RPJMD harus sampai ke tingkat bawah, supaya di akhir jabatan bupati nanti, program pembangunan dapat dinikmati,”harapnya.
Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Kendal Drs Masrur Masykur menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras pihak legislatif maupun eksekutif, sehingga pembahasan RAPBD 2017 bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Terkait dengan rekomendasi yang disampaikan oleh komisi-komisi dan Badan  Anggaran akan diperhatikan sepanjang sesuai dengan peraturan yang ada.