DPT Pemilih Disabilitas di Kendal Berjumlah 1.614 Orang

0
1189

KPU Kendal telah mencatat kaum difabel dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Kendal sebanyak 1.614 orang. Mereka terdiri dari tuna daksa sebanyak 320 orang, tuna netra 264 orang, tuna rungu wicara 428 orang, tuna grahita 226 orang dan tuna lainnya termasuk yang  dalam gangguan jiwa sebanyak 372 orang. Jumlah total pemilih dalam DPT di Kabupaten Kendal sebanyak  778.630 orang.

Anggota KPU Kendal Divisi Mutarlih, Nurul Akhirin mengatakan, pihak KPU akan menempatkan tempat pemungutan suara (TPS) di area yang aman dan nyaman, sehingga tidak menyulitkan bagi pemilih disabilitas. Yaitu menempatkan TPS di lokasi yang rata, tidak bertangga-tangga, tidak berbatu-batu, tidak berumput tebal dan tidak melompat parit. Demikian pula bentuk bilik suara, akan dibuat lebar pintu masuk TPS 90 centimeter supaya memberi akses gerak pengguna kursi roda. Ukuran tinggi meja bilik suara dibuat setinggi 75 centimeter dan berongga, serta tinggi meja kotak suara 35 centimeter agar mudah dijangkau oleh pengguna kursi roda. Petugas juga akan menyediakan alat bantu coblos untuk pemilih tuna netra di setiap TPS.

“KPU juga menyediakan formulir C3 form pendampingan bagi pemilih disabilitas,” katanya saat  memberikan Sosialisasi  Pendidikan Pemilih Perempuan, Pemilih Disabilitas dan Pemilih Pemula di Aula KPU Kendal, Jumat (14/12/2018) sore.

Nurul menambahkan, sementara ini untuk sosialisasi  saat ini  masih bersifat gabungan dengan menghadirkan perwakilan dari  pemilih pemula, pemilih perempuan dan pemilih kaum  difabel. Untuk  sosialisasi tatacara pencoblosan bagi tunanetra akan di lakukan sekitar pertengahan  Pebruari 2019, baik yang menggunakan huruf braille atau alat bantu lainnya. “Kalau untuk ODGJ itu sosialisasinya kepada pihak keluarga,” katanya.

Sementara Ketua  Persatuan Penyandang Cacat Indonesia  (PPCI) Kabiupaten Kendal,  I Made Swastawa mengatakan, pada prinsipnya  kaum difabel tidak mengalami kesulitan, sebab  dari  KPUD Kendal  sudah memberikan sosialisasi dan fasilitasi terkait dengan surat suara. Demikian pula untuk  perekaman  data KTP elektonik juga  sudah diberi kemudahan dari  Dispenduk Capil Kabupaten Kendal. “Prinsipnya, kami telah diberi kemudahan supaya nanti bisa berpartisipasi dalam Pemilu,” katanya.