Drainase di Kota Kendal terus Dibenahi

0
1052

Sistem drainase atau saluran air di kawasan perkantoran Pemkab Kendal terus dibenahi. Saat ini yang sedang diperbaiki adalah saluran air yang melintang di Jalan Notomudigdo atau sebelah timur Pemkab Kendal. Seorang pekerja proyek tersebut, Janon mengatakan, perbaikan yang dikerjakan berupa peninggian saluran. “Cuma ditinggikan dan memperbaiki saluran yang rusak di sekitar sini saja,”kata Jonan Senin (26/9).

Seperti diketahui, kondisi saluran itu tingginya rata dengan jalan, sehingga ketika hujan dera, air akan cepat meluber ke jalan. Beberapa waktu lalu,  Ketua DPRD Kendal Prapto Utono telah meminta kepada pihak Lapas Kendal untuk mengerahkan para warga binaan untuk melakukan kerja bakti membersihkan saluran di lingkungan perkantoran Pemkab Kendal supaya lancar.  Menurut Prapto, salah satu penyebab melubernya saluran air di kawasan itu karena kondisi saluran mampet, sehingga air selalu meluber ke jalan jika hujan. “Selain saluran kotor banyak lumpur, juga kondisinya ada yang tidak beres, sehingga selalu mampet dan meluber,”katanya.

Prapto berharap drainase di lingkungan kantor Pemkab dan Alun-alun harus segera dibenahi supaya tidak bajir hanya karena hujan. Pasalnya kawasan itu merupakan wajah Kota Kendal, sehingga harus tampak bagus. Kondisi drainase yang buruk, selain menjadi penyebab banjir, juga menjadikan Kota Kendal tampak kumuh dan berbau. “Ini harus segera dibenahi dengan meminta bantuan konsultan ahli untuk membuat kajian pembangunan drainase secara menyeluruh,”ucapnya.

Kepala Dinas Ciptaru Kendal, Noor Fauzie mengatakan, untuk mengatasi banjir di Kota Kendal harus dilakukan perbaikan drainase secara menyeluruh. Perbaikan drainase tidak hanya dilakukan di lingkungan kantor Pemkab dan Alun-alun, tapi saluran di sekitarnya. “Perbaikan tidak hanya di sini saja, tapi sampai ke saluran yang menghubungkan dengan sungai-sungai di sekitar,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.