Dua Curug di Desa Pakis Kecamatan Limbangan Dijadikan Tempat Wisata Alam

Potensi Desa Pakis Kecamatan Limbangan

0
1825

Desa Pakis Kecamatan Limbangan memiliki dua curug yang bisa dikembangkan menjadi wisata alam, yaitu curug Citroarum dan curug Tundotigo. Untuk curug Tundotigo berada di lokasi yang tinggi, sehingga masih jarang diketahui warga. Sedangkan curug Citroarum yang lokasinya agak ke bawah sudah banyak dikunjungi dan mulai dikembangkan sebagai tempat wisata.

Sekretaris Desa Pakis, Arif Wicaksono mengatakan, kondisi curug Citroarum masih alami, namun pada musim kemarau debet airnya sedikit. Untuk menjaga debet air tetap stabil saat musim kemarau, rencananya akan dibuatkan saluran dari sumber mata air yang berada di atas. Tidak jauh dari lokasi curug, sudah dibuatkan tempat parkir bagi pengunjung. “Untuk menuju lokasi curug harus jalan kaki sekitar 15 menit, namun bisa menikmati pemandangan yang sangat indah,” katanya.
Selain bertani, sebagian besar warga Desa Pakis membuat gula aren.Produk UMKM unggulan lainnya, selain gula aren yaitu kerupuk bawang dan kerupuk jamur yang pemasarannya sampai ke Kalimantan.
Sekdes Arif mengatakan, pada tahun 2020 nanti, pihak desa sudah berencana membuat BUMDes. Unit usaha yang dipersiapkan di antaranya pengelolaan air bersih yang mengambil dari mata air pegunungan dan persewaan alat-alat pertanian, seperti mesin tanam padi. Selain itu juga akan membuat kolam renang, gedung olahraga, perpustakaan desa dan sanggar seni. “Fasilitas tersebut akan dibuat di sekitar lapangan desa, supaya bisa dijadikan pusat kegiatan masyarakat yang dilengkapi dengan pusat kuliner,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.