Forum UMKM akan Gelar Festival Gebyuk di Sungai Sibeo Laban

0
745

Mengawali kegiatan pasca pelantikan pada akhir April lalu, pengurus Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kendal akan mengadakan Festival Gebyuk di sungai Sibeo Desa laban Kec Kangkung. Tradisi menangkap ikan di sungai menggunakan alat  dari bambu berbentuk keranjang tersebut kembali difestivalkan pada Minggu (15/5/2016).

Pengurus Forum UMKM Kendal, Wiwid, yang juga warga Laban mengatakan, Festival Gebyuk diadakan untuk memperkenalkan potensi wisata sungai dan pantai Karangmalang.

“Menangkap ikan menggunakan gebyuk merupakan tradisi warga sini yang cukup unik. Jadi, kalau difestivalkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan,”ujarnya.

Menurut Wiwid, selain tradisi gebyuk, juga ada daya tarik lain untuk memperkenalkan objek wisata pantai Karangmalang, yaitu tanaman ketela kisik yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai. Karena tumbuh di pasir, ketela kisik  memiliki rasa yang khas, berbeda dengan ketela lainnya.

Pada Festival Gebyuk yang digelar Minggu pagi, akan mengundang Bupati Kendal dr Mirna Annisa untuk membuka festival, sekaligus melakukan panen raya ketela kisik di pantai. Wiwid berharap dengan festival ini, akan mengangkat potensi wisata pantai Karang Malang dan tanaman ketela kisik. “Kami berharap nantinya potensi yang ada di sini semakin dikenal,”harapnya.

Sementara itu Ketua Forum UMKM Kendal, Delta, mengatakan, Forum UMKM, selain mengangkat produk-produk UMKM Kendal, juga mengangkat potensi wisata yang ada di Kendal. Pasalnya, kemajuan wisata juga berpengaruh terhadap kemajuan UMKM. “Kami juga memperhatikan potensi wisata di Kendal supaya maju bersama UMKM,”ujarnya.