Gelombang Tinggi Rusak Rumah dan Tambak di Pesisir Pantai Ngebum Kaliwungu

Gelombang Tinggi Rusak Rumah dan Tambak di Pesisir Pantai Ngebum Kaliwungu

0
1103

Gelombang tinggi dan rob yang terjadi sejak dua pekal lalu menerjang puluha rumah dan tambak di Pantai Ngebum Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu. Rob biasanya terjadi sekitar empat jam mulai pukui 5 pagi dan sore hari mulai pukul 4 sore.

 

Rumah-rumah yang belum ditinggikan pun kemasukan air rob, namun penghuni rumah membiarkan hingga surut sendiri. Salah satunya rumah milik Mbah Jagung yang berada persis di bibir pantai. Gelombang tinggi menerjang rumahnya hingga genting atap rumah sebagian besar lepas. Beberapa bagian dinding rumah yang terbuat dari papan kayu pun terlepas. “Dulu saya sekeluarga tinggal di sini, tapi karena rusak kena gelombang, sekarang pindah rumah yang satunya yang jauh dari pantai,” katanya, Kamis (4/6/2020).
Bukan hanya rumah yang masih dijadikan usaha tempat pemandian umum di tempat wisata Pantai Ngebum yang rusak diterjang gelombang laut, Mbah Jagung kehilangan beberapa petak tambak yang sudah diisi benih ikan bandeng, bahkan sebagian tambak miliknya rata dengan pasir. Kerugian yang dialami mencapai ratusan juta. “Tambak saya itu sampai utara sekitar 50 meter, sekarang tertutup air laut,” katanya.
Gelombang tinggi dan rob yang terjadi setiap tahun  sudah diantisipasi para warga. Sebagian warga sudah meninggikan rumahnya dan beberapa pemilik tambak juga sudah membuat tanggul keliling tambak, sehingga ketika musim rob datang bisa terhindar dari banjir rob.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.