Hadapi Musim Hujan, Dinsos Kendal Persiapkan Mobil Dapur Umum dan Tagana

Hadapi Musim Hujan, Dinsos Kendal Persiapkan Mobil Dapur Umum dan Tagana

0
581

Swarakendal.com : Menghadapi musim hujan mendatang, Dinas Sosial (Dinsos) Kendal telah menyiapkan fasilitas dan peralatan dapur umum, berupa satu unit mobil dapur umum dan peralatan dapur. Selain itu, juga menyiapkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang siap membantu penanganan bencana.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kendal, Widodo mengatakan, bahwa Tagana adalah relawan sosial yang menjadi pilar dari Dinas Sosial dalam penanganan bencana alam. Relawan Tagana melakukan tugas mulai dari mitigasi tanggap bencana, deteksi dini bencana maupun penanganan paska bencana.

Salah satu tugas Tagana adalah mendirikan dapur umum. Oleh karena itu, pada apel pagi ASN bersama Bupati Kendal di Alun-alun Kendal, pada Senin 5 September 2022, Dinsos Kendal memperlihatkan keterampilan anggota Tagana dalam melayani masyarakat, terutama dalam pemberian makanan kepada warga terdampak bencana. “Di sini juga dibuat dapur umum, teman-teman Tagana ingin memperlihatkan keterampilan mereka dalam melayani masyarakat, terutama dalam pemberian makanan kepada warga terdampak bencana,” katanya, Senin (5/9/2022).

Makanan yang diberikan berupa bubur kacang ijo, yang biasa diberikan kepada warga terdampak bencana sebagai makanan tambahan. Tagana Dinsos Kendal menyediakan 650 gelas bubur kacang ijo untuk seluruh peserta apel pagi.

Widodo mengatakan, dalam penanganan bencana alam, Dinsos berkoordinasi dengan BPBD selaku koordinator penanganan bencana alam. Tugas Tagana Dinsos adalah penanganan darurat, seperti pendirian dapur umum. “Terutama dalam penanganan darurat bencana, seperti pendirian dapur umum, penyaluran makanan itu petugasnya dari kami, yaitu anggota Tagana dan perlengkapan dapur umum itu dari Dinas Sosial,” jelasnya.

Ali Maghfur, anggota Tagana Dinsos Kendal mengatakan, ada 40 personil Tagana Dinsos Kendal yang telah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. “Mempersiapkan musim hujan, tiap tahun kami membersihkan sungai atau aliran-aliran sungai atau bendungan-bendungan,” katanya.

Dalam kegiatan ini, Tagana bekerja sama dengan desa setempat. Bisa saja atas permintaan pihak desa atau atas inisiatif pihak Tagana sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.