Hari Pertama Pendataan Keluarga, Petugas Datangi Rumah Dinas Wabup Basuki

Hari Pertama Pendataan Keluarga, Petugas Datangi Rumah Dinas Wabup Basuki

0
235

Swarakendal.com : Pendataan Keluarga tahun 2021 yang dilakukan BKKBN dilaksanakan serentak se Indonesia mulai 1 April – 31 Mei 2021. Pendataan dilakukan untuk validasi sebagai dasar bagi pemerintah dalam melaksanakan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Di Kabupaten Kendal Pendataan Keluarga dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki menjadi orang pertama di Kabupaten Kendal yang dilakukan Pendataan Keluarga. Kepala DP2KBP2PA Kendal, Asrifah ikut mendampingi petugas yang melakukan pendataan di rumah dinas Wakil Bupati Kendal, Kamis (1/4/2021) pagi. “Semula yang pertama dilakukan pendataan keluarga adalah Bupati Kendal Dico M Ganinduto, namun karena berada di Jakarta, sehingga tidak bisa dilakukan pendataan yang pertama,” jelasnya.


Asrifah mengatakan, pendataan keluarga ini dilakukan tiap lima tahun sekali untuk memperoleh data mikro yang valid, di antaranya tentang data keluarga, data kependudukan dan data keluarga berencana. Pendataan keluarga ini  lebih detail yang menjangkau semua pembangunan keluarga. “Maka, kami mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan pendataan keluarga ini,” katanya.

Dikatakan, untuk pendataan keluarga ini, pihak dinas menugaskan 3.151 pendata yang tersebar di Kabupaten Kendal. Petugas akan mendatangi satu per satu keluarga dari rumah ke rumah warga. “Tiap petugas akan mendata antara 150 -200 kepala keluarga,” katanya.


Sementara itu Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berharap, pendataan keluarga tahun 2021 berjalan lancar dan sukses. Seluruh keluarga di kabupaten Kendal dapat terdata dengan dihasilkan data yang valid dan akurat yang akan digunakan sebagai bahan untuk penyusunan kebijakan pembangunan, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional. “Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dan partisipasi semua masyarakat dalam menyukseskan pendataan ini, dengan memberikan data yang benar saat didata oleh kader pendata,” harapnya.