Hingga Akhir Juli, belum ada Separuh Proyek Jalan 2016 selesai Dikerjakan

0
581

Dari 83 proyek jalan di Kabupaten Kendal yang lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) pada tahun 2016, ternyata hingga akhir Juli lalu baru ada 39 proyek yang pengerjaannya sudah selesai. Berarti masih ada 46 proyek atau lebih dari 50 persen yan belum selesai. “Hal ini dikatakan Kabid Bina Marga pada Dinas Bina Marga, SDA, Energi dan SDM, Sugeng Prayitno kemarin.

Padahal sekarang sudah memasuki pertengahan Agustus, atau efektif tinggal empat setengah bulan lagi tahun 2016 ini. Ketua Komisi A DPRD Kendal, Nashri menilai, terlalu lamban dalam melaksanakan proyek yang sudah dianggarkan. Pasalnya, APBD 2016 sudah ditetapkan sejak Nvember 2015, dengan harapan Januari atau Februari sudah mulai ada yang dikerjakan. “Saya nilai terlalu lamban, kalau Provinsi saja bisa ya seharusnya Kendal bisa. Makanya Kendal harus belajar ke Provinsi,”ujarnya.

Menurut Nashri, lambannya pengerjaan itu karena proses lelang yang tidak bisa dilakukan dengan efektif.  Nashri melihat, lambannya lelang karena perencanaan yang kurang berjalan dengan baik. “Harus diawali dengan perencanaan yang matang, sehingga begitu perencanaan sudah selesai, bisa segera dilelangkan,”katanya.

Dikatakan, jika pengerjaan proyek lamban, dikhawatirkan tidak bisa selesai semuanya, karena waktunya terlalu mepet. Apalagi sebentar lagi sudah ada APBD Perubahan. “Saya harap ke depan, sebelum APBD Perubahan ditetapkan, ya semua proyek di APBD murin sudah selesai,”harapnya.