Ikan Pindang dari Desa Karanganom Weleri sudah Merambah ke Luar Daerah

Potensi Desa Karanganom Kecamatan Weleri

0
1024

Produk ikan pindang dari Desa Karanganom Kecamatan Weleri sudah merambah ke luar daerah. Pindang yang merupakan produk rumahan warga tersebut tidak hanya dipasarkan di wilayah Kabupaten Kendal, tapi juga memenuhi permintaah hingga wilayah Banjarnegara.

Kepala Desa Karanganom, Akhmad Tuju Triyono mengatakan, selain pindang, Desa Karanganom juga sebagai penghasil buah semangka dan melon. Para petani biasanya menanam semangka panen padi pada musim kemarau. “Banyak juga petani dari desa lain yang menyewa lahan sawah untuk ditanami semangka,” katanya.
Walaupun sebagian besar warga bekerja sebagai petani, namun kegiatan warga, baik karang taruna maupun PKK tetap aktif. Untuk mengaktifkan para pemuda, pihak desa menyerahkan kegiatan desa kepada karang taruna, seperti kegiatan turnamen olahraga dan acara karnaval desa. “Kalau ada kegiatan desa biasanya diserahkan kepada karang taruna,” ujarnya.
Kades Triyono mengatakan, kegiatan PKK, selain pertemuan rutin tiap bulan, juga mengadakan berbagai pelatihan keterampilan, seperti membuat abon, bandeng presto dan lainnya. Dengan bekal keterampilan tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha, sehingga bisa menambah pendapatan keluarga. “Ke depan ingin membuka pelatihan menjahit dan obras, sehingga bisa melayani warga atau kelompok warga yang akan membuat seragam,” kata Kades Triyono.
Pihak desa benar-benar memperhatikan kebersihan lingkungan. Upaya yang sudah dilakukan di antaranya program jambanisasi dan pengelolaan sampah rumah tangga. “Untuk menciptakan desa bebas ODF, pihak desa telah membuatkan 100 jamban untuk keluarga tidak mampu,” pungkasnya.
Desa Karanganom pernah meraih juara 2 lomba administrasi desa tingkat kabupaten dan juara 1 lomba cipta masakan kudapan tingkat kecamatan.