ITB Semarang Buka Kampus 3 di Kendal

ITB Semarang Buka Kampus 3 di Kendal

0
111

Swarakendal.com : Institut Teknologi dan Bisnis Semarang (ITB S) membuka Kampus 3 di Kendal, yang Gedung Rektorat dan Kelas perkuliahan berada di kawasan SMK Bina Utama Kendal. Launching pembukaan Kampus 3 dilakukan oleh Ketua Yayasan ITB S, Kusmanto SE MM, Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat, Jumat (3/6/2022) sore.

Ketua Yayasan Institut Teknologi Bisnis Semarang, Kusmanto menjelaskan, perkuliahan akan dimulai pada September mendatang dengan membuka tiga program pendidikan, yakni Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen dan Prodi Komputer. Pada tahun pertama perkuliahan ini baru dibuka dua kelas yang dilakukan sore hari. “Pada tahun pertama ini target baru dua kelas, karena lokasi baru dua kelas, tetapi dengan animo nanti yang lebih banyak, nanti kami akan berembug lagi dengan Bina Utama, nanti bagaimana pengembangan kelas untuk nanti bisa menampung anak-anak dengan standar perkuliahan  yang normatif,” katanya.

Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat mendukung penuh dibukanya Kampus 3 ITB S di Kendal, karena akan membuka kesempatan kerja bagi mahasiswanya dan memberikan kesempatan kuliah bagi karyawan yang hanya berpendidikan SMK atau SMK. Pasalnya, sudah ada kerja sama antara pihak kampus dengan perusahaan. Dalam kerja sama ini, pihak kampus memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja sambil kuliah. 

“Sudah ada kerja sama dengan perusahaan di Cangkiran Semarang yang memiliki 3.500 karyawan. Para karyawan diberi kesempatan untu kuliah, sedangkan bagi mahasiswa akan diberi pelatihan keterampilan untuk bekerja,” katanya.

Selain itu bagi mahasiswa juga akan dipekerjakan di perusahaan, sehingga gajinya bisa digunakan untuk biaya kuliah. Tujuannya bagi karyawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus bisa menempati jabatan lebih tinggi di perusahaan tersebut. 

“Karyawan rata-rata tidak bisa naik jadi manajer atau supervisor, karena mereka secara administratif tidak memiliki pendidikan yang memadai. Dengan mereka kuliah di sini, sehingga bisa menjadi sarjana, maka dengan sendirinya nanti akan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, keberadaan kampus di Kendal akan memberikan berkontribusi untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kendal. Dengan semakin bertambahnya perguruan tinggi di Kendal, menandakan iklim pendidikan di Kendal semakin baik. Untuk itu Pemkab akan bersinergi dengan memberikan support agar perguruan tinggi di Kendal terus berkembang. “Harapannya dengan bertambahnya perguruan tinggi di Kendal, ini menjadi awal kebangkitan pengembangan SDM yang ada di Kendal, sehingga indeks pendidikan di Kendal juga akan meningkat,” harapnya.