Kampung Mranggen Ragam Warna Gelar Lomba Lukis Payung

Lomba Lukis Payung di Kampung Mranggen Kaliwungu

0
1500

Kampung Ragam Warna di Mranggen Kaliwungu Kendal menggelar Lomba Lukis Payung pada Minggu (25/3/2018). Lomba diikuti sekitar 100 peserta lebih, mulai dari peserta anak-anak, remaja dan orang dewasa, bahkan kakek-kakek. Berbeda dengan lomba-lomba yang biasanya para peserta dikumpulkan dalam satu tempat, misalnya di lapangan atau satu ruangan, lomba kali ini para peserta menyebar di teras-teras rumah warga.

Menurut seorang panitia, Anjar, pesert lomba sengaja tidak dijadikan di satu tempat, karena tujuannya untuk meramaikan kampung. Selain itu untuk menunjukkan kebersamaan warga. “Lomba ini kan sebagai persiapan launching Kampung Mranggen sebagai kampung wisata dengan nama Kampung Mranggen Ragam Warna, sehingga semua warga ikut berpartisipasi,”jelasnya.
Sementara itu, Ketua Pemuda Kampung Mranggen, Seno mengatakan, lomba ini tidak sekedar festival atau mencari juara, tapi tujuan utamanya untuk membangkitkan kreasi seni warga, khususnya seni lukis. “Di Kaliwungu kan banyak seniman lukis yang terkenal, makanya harus dibangkitkan lagi supaya terus ada regenerasinya,”katanya.
Dahlan, seorang peserta yang sudah kakek-kakek merasa senang dengan digelarnya lomba lukis payung. Menurutnya, di Kaliwungu, terutama Kampung Ngaglik dulu terkenal dengan kerajinan payung kertas, tapi semakin ke sini sudah jarang yang menekuninya, sehingga bisa dikatakan hampir tidak ada lagi penggantinya. Dahlan merupakan generasi tua yang masih menekuni profesi sebagai perajin payung kertas. Selain menerima pembuatan payung kertas polosan, juga menerima pembuatan payung kertas yang dilukis. “Membuat payung kertas masih dijalani, pesanan masih ada,”ucapnya.
Lomba Lukis Payung Kertas dimulai sejak pagi sampai siang. Untuk meramaikan lomba, penutupannya diramaikan dengan hiburan Tari Payung dan Drumblek.