Kejaksaan Negeri Kendal Aktif Sosialisasi Antisipasi Berita Hoax di Sekolah

Program Jaksa Kendal masuk sekolah

0
914
Kejaksaan Negeri Kendal memiliki program kegiatan Jaksa Masuk Sekolah. Hal ini dikatakan Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kendal, Eddy Wijayanto, S.H. saat menjadi narasumber acara Rakor Masalah Strategis dan Aktual Kabupaten Kendal di Pendopo kabupaten Selasa 3 April 2018, dengan tema tentang Antisipasi Berita Hoax dan Ujaran kebencian.

“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah secara rutin dilakukan dua kali setiap sebulannya, sehingga di tahun 2018 ini sudah 6 kali dilakukan di sekolah yang berbeda,”katanya.
Eddy Wijayanto mengatakan, pada kegiatan Jaksa Masuk Sekolah, salah satu materinya adalah memberikan pemahaman tentang berita hoax dan ujaran kebencian. Pasalnya, para pelajar sangat perlu diberi pemahaman tentang berita hoax dan ujaran kebencian, dengan tujuan agar para pelajar tidak terpancing atau ikut-ikutan menyebar berta hoax. “HP itu sudah menjadi kebutuhan hidup, sehingga hanya dengan satu kali sentuh ikut menyebar berita hoax, maka bisa menjadi viral,”jelasnya.
Dikatakan, bagi pembuat dan penyebar berita hoax dan ujaran kebencian bisa dikenai sanksi pidana. Karena itu harus hati-hati jika menerima suatu berita dan jangan ikut-ikutan menyebar berita yang tidak jelas kebenarannya. “Masyarakat harus tahu, ada Undang-undang IT yang di antaranya berisi tentang sanksi hukum bagi penyebar berita hoax dan ujaran kebencian,”ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.