Kesbangpol Kendal Sosialisai Wasbang kepada Wartawan

Kesbangpol Kendal Sosialisai Wasbang kepada Wartawan

0
72

Swarakendal.com : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal melakukan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Gedung Abdi Praja Kendal yang diikuti para wartawan di Kabupaten Kendal, Sabtu (13/11/2021). Sebagai narasumber utama Joko Prihatmoko, Pakar Politik dan Dosen Fisip Unwahas Semarang.

Joko Prihatmoko mengatakan, bahwa dasar pertahanan itu ada pada keluarga, kemudian untuk sistemnya berada di tingkat RT. Untuk itu harus diciptakan ketahanan individu untuk membentuk ketahanan keluarga. Jika ketahanan masing-masing keluarga sudah bagus, maka ketahanan komunitas di lingkup RT juga akan bagus. Dan pada akhirnya akan tercipta ketahanan masyarakat, sehingga ketahanan bangsa atau negara menjadi kuat. “Jadi, basik atau dasarnya adalah ketahanan individu,” katanya.

Menurut Joko, di era global dengan berbagai informasi yang mudah diakses melalui smartphone sangat mudah mempengaruhi perilaku individu. Bahkan dalam satu keluarga, apa yang dilakukan oleh anggota keluarga tidak ketahui oleh sesama anggota keluarga lainnya. Orang tua yang tidak memperhatikan anaknya, tentu tidak mengetahui apa yang dilakukan anaknya. “Maka penting bagi orang tua untuk mengawasi apa yang dilakukan oleh anak-anak, walaupun kelihatannya anteng-anteng saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kendal, Suharjo berharap kepada para wartawan di Kabupaten Kendal bisa bekerja sama dengan baik untuk menciptakan iklim yang kondusif di Kabupaten Kendal. Tulisan atau berita yang dibuat tidak berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat, tetapi berita yang menyejukan dan membuat kedamaian. “Para wartawan melalui tulisan harus ikut mensukseskan program imunisasi Covid-19, juga mensukseskan Pilpres 2024 nanti,” harapnya.