KIK Siap Tampung Pekerja dari Pondok Pesantren

0
675
Kawasan Industri Kendal (KIK) siap menampung pekerja dari kalangan pondok pesantren atau santri di Kab kendal. Hal ini disampaikan oleh Humas KIK, Miftiharis saat mengisi acara Pertemuan Kepala SMK Muhammadiyah se Jawa Tengah yang diadakan di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Sabtu (15/10/2016). Untuk itu, pihak KIK rencananya akan melakukan koordinasi dengan pndok-pondok pesantren di Kab Kendal.

“Nanti pihak KIK akan mendatangi pondok-pondok pesantren atau mengumpulkan para pengasuh pondok pesantren untuk koordinasi atau membicarakan tentang peluang pekerjaan bagi parasantri,”ujarnya.

Miftiharis mengatakan, bahwa pihak KIK mengakui kemampuan bahkan kelebihan dari para santri. Namun karena pendidikan di pesantren itu berbeda dengan pendidikan umum, terutama mengenai keterampilan, maka nantinya sebelum menjadi pegawai di KIK, akan diadakan pelatihan-pelatihan sesuai dengan kebutuhan. “Potepara santri itu cukup besar, sehingga harus diberdayakan, bahkan para santri memiliki kelebihan sebagai orang taat ibadah dan kejujuran,”katanya.

Sementara itu Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Yusuf darmawan mengatakan, bahwa pihaknya mengundang pihak KIK untuk sharing terkait dengan peluang pekerjaan di KIK bagi lulusan SMK. Menurut Yusuf, pihak SMK harus bisa mengambil peluang dengan berdirinya  KIK di Kendal. “Adanya KIK merupakan peluang besar bagi SMK, karena hampir 80 persen lulusan SMK itu langsung bekerja. Untuk itu pihak SMK akan melakukan kerja sama dengan KIK supaya lulusan SMK bisa diterima di KIK.”kata Yusuf.