Komunitas One Day One Juz Kendal Kumpulan Ngaos

0
1564

One Day One Juz (ODOJ) merupakan komunitas nasional yang bertujuan menggerakkan kaum muslimin untuk membaca Al Quran setiap hari. Harapannya One Day One Juz atau satu hari satu juz yang bisa dilakukan dalam satu waktu sekaligus satu juz atau bisa dilakukan beberapa kali, yang intinya dalam satu hari bisa menyelesaikan satu juz. Anggota ODOJ dikelompokkan dalam grup-grup, yang tiap grupnya berjumlah 30 anggota. Tiap grup yang berjumlah 30 orang itu dibuatkan satu grup BBM atau WA yang salah satu di antaranya menjadi koordinator atau ketua.  Melalui koordinator tersebut, setiap harinya masing-masing anggota melaporkan jika sudah menyelesaikan membaca Al Quran satu juz, demikian pula jika dalam sehari tidak bisa membaca satu juz karena ada halangan tertentu, juga harus menyampaikan laporan, sehingga bisa digantikan oleh anggota lain untuk menyelesaikan satu juz tersebut.

Untuk menjadi anggota ODOJ harus mendaftar terlebih dahulu ke pusat, untuk dikelompokkan dalam grup WA atau BBM yang berjumlah 30 orang. Dalam satu kelompok WA atau BBM, anggotanya putra semua atau putri semua yang berasal dari berbagai daerah. Jadi, tiap grup WA atau BBM, anggotanya dari berbagai daerah provinsi. Namun dalam tiap daerah atau kabupaten biasanya dibentuk Dewan Pengurus Area (DPA), seperti di wilayah Kendal juga telah dibentuk DPA Kendal. Untuk  DPA Kendal ini telah membentuk Komunitas ODOJ Kendal.

Wakil Ketua DPA ODOJ Kendal, Slamet Ariyanto mengatakan, melalui DPA ini akhirnya terbentuk Komunitas ODOJ Kendal yang anggotanya sekitar 30 putra dan 50 putri. Komunitas ODOJ Kendal melakukan pertemuan rutin tiap dua bulan sekali, yang kegiatannya berupa Khataman Quran. Selain itu, juga mengadakan pertemuan Ngaos ODOJ yang tidak tentu waktunya, tergantung kesepakatan para anggota. Komunitas ODOJ Kendal juga melakukan kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan ke panti asuhan. “Komunitas ini sebagai silaturahmi sesama anggota ODOJ di wilayah Kendal,”kata Slamet usai acara Ngaos ODOJ di Stadion Utama Kendal Minggu (5/3/2017).

Sekretaris DPA ODOJ Kendal, Lina Nikmatul Aliyah menambahkan, untuk menjadi anggota ODOJ Kendal harus mendaftar ke pusat, tapi pendaftarannya bisa melalui DPA Kendal. “Yang ingin jadi anggota ODOJ, bisa mendaftar lewat DPA ODOJ Kendal, kemudian pengurus yang akan menyampaikan ke pusat,”jelasnya.