Kumunitas Jarak Dekat Kendal Gelar Parade Teater

0
741

Dunia teater di Kendal mulai bangkit lagi. Ini dilihat dari banyaknya kelompok teater yang berminat mengikuti Parade Teater yang digelar oleh Komunitas Jarak Dekat Kendal di Gedung NU Kendal Minggu (20/3/2016).

Ketua Komunitas, Setya Naka, mengatakan, cukup banyak kelompok teater yang berminat mengikuti Parade Teater ini. Namun kerena waktu, parade yang digelar mulai pagi sampai sore hanya memberi kesempatan lima kelompok teater.  “Yang menghubungi ingin tampil sebenarnya banyak, tapi waktunya terbatas, jadi hanya enam yang diikutkan,”ujarnya.

Naka mengatakan, tiap kelompok teater diberi waktu selama 75 menit sudah termasuk persiapannya. Peserta boleh menampilkan naskah karya kelompoknya atau karya orang lain. Demikian juga, peserta boleh menyajikan pentas dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Jawa. “Kami memberi kebebasan untuk menyajikan pementasannya,”ujarnya.

Enam judul  yang dipentaskan yaitu Anak Jalanan yang Memiliki Cinta (Teater Genta SMAN 2 Kendal), Lena tak Pulang (Teater Gerbong Kosong SMA PMS), Becik Nitik Ala Pilara (Teasaji PBSI Unissula), Keranda untuk Ibu (Teater Kosong Tsatoe ( SMA Unggulan PMS), Jeng Menul (Teater Terasku MA Sunan Katong), dan Kamit (SMA NU 04 Kangkung).

Sementara itu, anggota Komunitas Jarak Dekat, Sofyan Hadi menambahkan, selain paarade teater, juga akan mengagendakan kegiatan festival teater pelajar tiap tahun. Komunitas yang berkiprah bidang kesenian ini juga akan mengadakan kegiatan workshp teater. “Rencananya menjadi agenda tahunan, selain kegiatan rutin lain mingguan seperti ngobrol kesenian dan diskusi,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.