Kunjungan Menteri Keuangan Singapura di Kendal untuk Kembangkan KIK

Kunjungan Menteri Keuangan Singapura di Kendal untuk Kembangkan KIK

0
231

Swarakendal.com : Menteri Keuangan Singapura, Mr Wong Shyun Tsai Lawrence melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kendal, Kamis (19/5/2022). Menteri Wong yang didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI, Arus Gunawan diterima Bupati Kendal Dico M Ganinduto beserta sejumlah Pejabat Pemkab Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, kunjungan Menteri Wong ini tindak lanjut kerja sama Pemerintah Singapura dengan Pemkab Kendal yang sudah dimulai sejak tahun 2016. Kerja sama ini terkait pengembangan industri di Kawasan Industri Kendal. Menurut Bupati, perkembangan KIK berjalan dengan baik, yang saat ini sudah ada 75 tenant. Harapannya bisa membuka lapangan pekerjaan sekitar 12 ribu orang di tahun 2022 dan 2023. “Alhamdulillah progres KIK sudah berjalan dengan baik, sudah ada 75 tenant, dan harapannya ini akan membuka lapangan pekerjaan lebih dari 12 ribu di tahun 2022 dan 2023,” ujarnya.

Sinergitas Pemkab Kendal dengan Pemerintah Singapura akan terus ditingkatkan tidak hanya di bidang industri, tetapi juga di bidang pariwisata, yang menjadi fokus Pemkab Kendal. 

“Juga kerjasama di bidang pariwisata yang menjadi fokus dari Pemkab Kendal akan kita coba follow up ke depannya, agar kerja sama yang sudah baik ini yang saling menguntungkan akan terus dikembangkan,” harapnya.

Sementara itu Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian RI, Arus Gunawan mengatakan, peningkatan SDM sangat penting supaya bisa bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain. Juga harus dipersiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. “Peningkatan kualitas SDM perlu dilakukan melalui transformasi peningkatan akses pendidikan dan juga seiring dengan kebutuhan tenaga kerja industri yang semakin kompetitif,” tegasnya.

Kunjungan Menteri Wong ini didahului kunjungan di PT KIK. Selanjutnya berkunjung di Kampus Akademi Furniture Kendal untuk melihat workshop dan produk furniture yang dihasilkan. Mr Wong juga mendapat dua perusahaan furniture di KIK.