Lomba Hadroh Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Kendal Diikuti 37 Grup

Lomba Hadroh Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Kendal 2022

0
358

Swarakendal.com : Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Pemkab Kendal menggelar Lomba Hadroh memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022. Lomba Hadroh dengan peserta grup hadroh dari pondok pesantren ini digelar di halaman Rumah Dinas Bupati Kendal, Kamis (20/10/2022).

Koordinator Lomba Hadroh, Muhaimin menjelaskan, Lomba Hadroh diikuti 37 grup, putra dan putri. Tiap grup menyajikan dua lagu, yaitu lagu wajib berjudul Ya Asyiqol Musthofa dan lagu bebas. Lomba kali ini tidak ada kategori putra atau putri, namun dalam satu grup harus putra semua atau putri semua. “Nanti akan diambil juara 1, 2 dan 3 untuk grup terbaik,” katanya.

Muhaimin mengatakan, digelarnya Lomba Hadroh ini sebagai wahana untuk mengekspresikan bakat dan minat para santri, khususnya seni hadroh. Pasalnya hampir semua pesantren ada kegiatan latihan seni hadroh. “Makanya, lomba hadroh ini tiap tahun selalu diadakan, supaya seni hadroh di pesantren semakin bagus,” tandasnya.

Lebih lanjut Muhaimin mengatakan, bahwa di pondok pesantren, para santri tidak hanya belajar mengaji, tetapi juga ada kegiatan pengembangan bakat dan minat, yang salah satunya seni hadroh. “Dalam seni hadroh ini ada rasa kelembutan, sehingga bisa menghilang rasa permusuhan,” katanya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin Desa Galih Kecamatan Gemuh, Ubaidah mengatakan, dengan adanya Lomba Hadroh ini, maka dapat memberikan semangat kepada para santri untuk mengembangkan seni hadroh. Pondoknya mengikutkan grup hadroh putri pada lomba hadroh kali ini. Harapannya bisa meraih juara, sehingga bisa menjadi wakil Kabupaten Kendal pada lomba hadroh tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Dulu pernah menjadi juara tiga, semoga kali ini bisa juara satu,” harapnya.

Dalam Lomba Hadroh ini hanya boleh menggunakan alat musik rebana tradisional. Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat musik elektrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.