Mapsi SD Tingkat Kabupaten Kendal Lombakan 10 Macam Lomba

Mapsi SD tingkat Kabupaten Kendal 2022

0
386

Swarakendal.com : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menggelar Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) jenjang SD tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2022. Lomba digelar di SMP Negeri 1 Pegandon dan halaman Koramil Kecamatan Pegandon, Sabtu (15/10/2022).

Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Disdikbud Kendal, Rohadi mengatakan, Lomba Mapsi kali terdiri dari 10 cabang lomba yang diikuti 560 peserta dari  20 kecamatan. Para juara dari tiap-tiap cabang lomba akan mewakili Kabupaten Kendal pada Lomba Mapsi tingkat Provinsi Jawa Tengah pada awal November mendatang di Asrama Haji Donohudan. “Tingkat selanjutnya di Provinsi akan dilaksanakan tanggal 4, 5 dan 6 November di Asrama Haji Donohudan,” katanya.

Sepuluh cabang lomba terbagi dua jenis, yakni berbasis pelajaran dan berbasis seni Islami. Cabang lomba berbasis pelajaran meliputi, lomba pengetahuan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan baca tulis Qur’an (BTQ), lomba praktek wudhu dan sholat fardhu, lomba keterampilan komputer Islami, lomba adzan dan iqomah.

Cabang lomba berbasis Seni Islami meliputi, lomba Seni Hifdzil Quran, lomba Seni Tilawatil Qur’an, lomba Seni Khitobah, lomba Kaligrafi Qur’an, lomba Macapat Islami, Seni Musik Rebana.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, Lomba Mapsi tahun ini sangat antusias, setelah dua tahun tidak digelar, akibat adanya pandemi Covid-19. Lomba Mapsi diawali dari tingkat kecamatan, sehingga akan terpilih juara dari anak-anak yang berprestasi. “Setelah Covid, alhamdulillah Mapsi bisa terselenggara kembali, yang kemarin sudah diawali di tingkat kecamatan,” tandasnya.

Dikatakan, tujuan Lomba Mapsi ini untuk mendorong agar anak didik berperilaku Islami. Sehingga akan tercipta generasi penerus yang memiliki karakter yang baik dan handal. “PAI ini menjadi salah satu mata pelajaran yang juga menjadi esensi dari perilaku generasi penerus yang harus didorong,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.