Menkumham Yasonna Resmikan Lapas Produktif di Bleder Kartikajaya

Menkumham Yasonna resmikan Lapas Produktif di Kartikajaya 2017

0
1447

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly meresmikan Lapas Terbuka Kelas 2B Kendal di Dusun Bleder Desa Kartikajaya Kec Patebon menjadi Lapas Produktif. Peresmian yang dilakukan pada Sabtu (29/4/2017) dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pejabat Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro, Bupati Kendal dan anggota Forkompimda Kendal. Lapas Produktif ini mengelola lahan sekitar 7,5 hektar yang dimanfaatkan untuk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Menteri Yasonna mengatakan, pembentukan Lapas Produktif ini untuk merubah paradigma supaya lapas tidak lagi dianggap sebagai tempat orang-orang bermasalah. Pasalnya dengan Lapas Produktif, maka menjadi tempat pembinaan dengan menggali potensi warga binaan. Bahkan lapas ini bisa menjadi agrobisnis yang menjanjikan serta menjadi agrowisata.  “Harapannya ketika bebas, maka bisa kembali ke masyarakat dengan bekal keahlian yang telah dimiliki,”harapnya.

Dikatakan, Lapas Produktif ini harus terus dikembangkan, sehingga  hasil produksinya tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan lapas, tapi bisa dijual di pasar. Diharapkan pula hasil-hasil produksinya bisa bersaing dengan yang lain. “Maka Lapas Produkti harus bisa berkembang lebih baik lagi,”katanya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Bambang Sumardiono mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal melalui Dinas Pertanian yang telah membantu dengan memberikan pelatihan kepada warga binaan. “Kerja sama ini akan terus ditingkatkan,”katanya.

Demikian pula Bupati Kendal dr Mirna Annisa mengatakan, bantuan tidak hanya memberikan penyuluhan, namun akan ditingkat dengan bantuan-bantuan lain. Bupati berharap keberadaan Lapas Produktif bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya. “Nanti akan diupayakan ada bantuan bibit atau lainnya,”kata Mirna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.