Menpora Dukung Sport Tourism di Kendal untuk Dikembangkan

Menpora Dukung Sport Tourism di Kendal untuk Dikembangkan

0
48

Swarakendal.com : Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengapresiasi inisiatif Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka sport tourism di Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan Menteri saat Kunjungan Dunas Menpora di Kendal, Senin (25/10/2021). Ada beberapa sport tourism yang sedang dirintis, di antaranya wisata berkuda Santoso Stable di Pasigitan Boja dan wisata Aeromodelling di Sumbersari Ngampel.

Menurut Menteri Zainudin, di Indonesia masih sedikit yang membuka sport tourism, sehingga memiliki potensi yang besar menjadi tempat yang dicari, terutama bagi wisatawan pecinta olahraga. Untuk itu, ia sangat mendukung upaya Bupati Kendal yang mulai merintis beberapa sport tourism di Kendal. “Di Indonesia masih sedikit sport tourism, maka jika di Kendal ada sport tourism, tentu akan dicari dari manapun, termasuk luar negeri,” katanya.

Tempat wisata berkuda Santosa Stable merupakan tempat pembinaan atlet berkuda profesional. Lokasinya menyatu dengan tempat wisata, yang menyajikan wisata alam, pertanian dan budaya.

Pengelola Santoso Stable, Ana Santosa mengatakan, selain sebagai tempat pembinaan atlet berkuda, juga untuk wisata. Saat ini atlet berkuda yang sedang persiapan mengikuti kejuaraan olahraga hoki lebih dari 15 atlet. Sudah banyak prestasi yang diraih, baik tingkat nasional maupun internasional. “Kami sangat senang atas kedatangan menteri, tentu akan memberikan semangat bagi kami dan para atlet untuk berlatih untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pengembangan sport tourism ini untuk menarik wisatawan, sehingga tempat-tempat wisata di yang ada semakin banyak pengunjung. Dengan berkembangnya tempat-tempat wisata, maka akan mengangkat perekonomian masyarakat. “Jika wisata maju, maka secara otomatis akan mengangkat UMKM, sehingga perekonomian masyarakat juga maju,” katanya.

Plt. Kepala Disporapar Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, kunjungan Menteri ini untuk melihat kondisi dan potensi keolahragaan maupun kepemudaan di Kabupaten Kendal. Ia berharap kunjungan menteri ini menjadi momen yang bagus, adanya dukungan dari pemerintah pusat ini, seiring dengan semangat dari atlet olahraga maupun potensi-potensi pemuda di Kabupaten Kendal. “Kunjungan ini merupakan dukungan penuh dari pemerintah, untuk meningkatkan potensi, baik potensi olahraga maupun kepemudaan,” katanya

Selain mengunjungi tempat-tempat olahraga, juga hasil kreasi para pemuda pada pameran teknopreneur pemuda Kendal. (Faiz)