Nur Amin, Warga Desa Sendang Kulon Bikin Olahan Ketan Durian

Nur Amin, Warga Desa Sendang Kulon Bikin Olahan Ketan Durian

0
172

Muhamad Nur Amin, warga Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung membuat olahan makanan berupa ketan durian dicampur santan dan keju. Ia pertama kali membuat olahan ketan durian, sekitar dua tahun lalu. Awalnya hanya dijual di tempat wisata desa yang hanya buka tiap Minggu pagi dan ternyata mendapat respon para pengunjung. Maka ia bersama istrinya mencoba untuk memasarkan secara online melalui grup fesbuk yang ternyata cukup banyak yang pesan. 

Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 13 ribu per bungkus sudah bisa merasakan nikmatnya ketan durian, sekalipun di Kendal tidak sedang musim durian. Pemesan bisa datang langsung ke rumah atau diantar ke tempatnya. 

Nur Amin mengatakan, pemesan minimal sehari sebelumnya. Sampai saat ini pemesan tidak hanya di sekitar wilayah Kecamatan Kangkung, namun ada juga dari wilayah Temanggung. “Ketan durian ini hanya bertahan satu hari, jadi mulai pagi harus habis sampai sore, maka selain melayani pesanan, juga jual keliling,” katanya, Selasa (29/9/2020).

Camat Kangkung, Ardy Prasetyo mengatakan, olahan makanan ketan durian ini merupakan kreasi yang menarik yang bisa menjadi nilai tambah dari jajanan tradisional khas di Kecamatan Kangkung. Harapannya, agar bisa dikembangkan dan dipromosikan secara luas, sehingga semakin dikenal.  “Agar semakin dikenal, bisa dipromosikan secara online dengan kemasan yang bagus, sehingga yang melihat menjadi tertarik untuk membeli,” ujarnya.