Objek Wisata Harus Angkat Kesenian Budaya

0
722

Budaya atau kesenian merupakan daya tarik utama bagi suatu objek wisata. Menurut seorang pegiat Pariwisata, Sri Wijayanti S.Sn, sekitar 60 persen pengunjung objek wisata tertarik karena ingin melihat sajian kesenian atau budaya. Untuk itu setiap objek wisata harus bisa menonjolkan atau mengangkaat kegiatan budaya. “Jika hanya mengandalkan wisata alam tanpa dikemas dengan budaya, maka akan bosan atau kurang menarik,”katanya.

Sri Wijayanti yang biasa dipanggil Wiwik Suprayogi mengatakan, harus ada event rutin tiap tahun sebagai ciri khas yang akan menjadi daya tarik bagi pengunjung wisata. Terkait dengan promosi, Wiwik berharap, agar promosi tidak hanya di wilayah lokal, tapi promosi harus secara global atau ke luar negeri. Wiwik mencontohkan objek wisata di Yogyakarta, Solo atau tempat wisata lain yang selalu ramai dengan kegiatan kesenian, maka selalu ramai dikunjungi. “Jadi, event ini penting, dan kalau bisa harus ada event rutin sehingga menjadi ciri khas yang selalu dinanti,”ujarnya

Kasi Pemasaran pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab Kendal Yuswantoko mengatakan, upaya untuk mengangkat budaya sudah dilakukan di beberapa objek wisata di Kab Kendal, seperti tradisi Syawalan dan Sedekah Laut. Pihak Pariwisata Kendal juga sudah melakukan promosi melalui berbagai cara, termasuk promosi melalui media internet. “Objek wisata di Kendal memang belum semuanya menyajikan kesenian atau tradisi budaya, tapi sudah digarap ke arah situ,”kata Yus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.