Ormas dan Lembaga Keagamaan sudah bisa Terima Hibah dan Bansos lagi

0
1210

Mulai tahun 2017 ini, ormas keagamaan, lembaga atau badan keagamaan di Kabupaten Kendal sudah bisa mengajukan untuk mendapatkan hibah dan bantuan sosial. Hal ini setelah dikeluarkannya Perbup No 39 Th 2016 tentang Tatacara Pemberian dan Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD Kab Kendal.

Kabag Kesra Kendal Setda, Jembar Rusmanto mengatakan, untuk pengajuan proposalnya tidak lagi melalui Bagian Kesra Setda Kendal, tapi sudah dilimpahkan ke Kantor Kesbangpol Kendal. Sosialisasnya Perbup tersebut dilakukan pada Rabu (8/3/2017) di Pendopo Kab Kendal dengan mengundang unsur ormas keagamaan, takmir masjid dan pondok pesantren. “Bagian Kesra hanya melakukan sosialisasi, tapi untuk pengajuan bansos atau hibahnya nanti melalui Kesbangpol,”kata Jembar saat sosialisasi tersebut.

Kasi Bina Hubungan antar Lembaga dan Politik pada Kesbangpol Kendal, Rini Utami mengatakan, persyaratan untuk bisa mendapatkan hibah dan bantuan, maka pihak ormas keagamaan, lembaga atau badan tersebut harus sudah berbadan hukum sekurang-kurangnya 3 tahun atau memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari instansi terkait. Dijelaskan, bagi ormas bisa mendapatkan SKT tersebut dari Pemda, sedangkan bagi badan atau lembaga, rekomendasi SKT tersebut dari instansi vertikal atau OPD terkait. “Misalnya, kalau masjid, madrasah dan pesantren bisa mendapatkan SKT melalui Kemenag,”katanya.

Rini menambahkan, pengajuan hibah dan bansos bisa dilakukan mulai tahun 2017 ini, namun untuk pelaksanaannya kemungkinan bisa dilakukan di tahun 2018, sebab harus melalui pengajuan untuk disahkan dalam APBD. Dikatakan, bantuan tersebut bersifat tidak terus-menerus dan selektif yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah. “Tidak semua pengajuan diterima, karena bisa tergantung dari kebutuhan dan kemampuan daerah,”ujarnya.

Sosialisasi tersebut juga menghadirkan Kepala Baperlitbang Kendal, Izzudin Lathif yang menyampaikan materi tentang perencanaan hibah dan bansos. Narasumber lainnya adalah Kasubid Anggaran Belanja pada Badan Keuangan Daerah, Hadi Suripto yang menyampaikan materi tentang pencairan dan pertanggungjawaban hibah dan bansos.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.