Paguyuban Kades bersama Dewan Bahas Persiapan Desa Online

0
689

Semua desa di Kab Kendal harus siap melaksanakan program Desa Online di tahun 2017 mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kendal, Solihin, S.Sos pada Rapat Koordinasi dengan Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kendal Selasa (27/12/2016) di Ruang Rapat DPRD Kendal. Rapat ini dihadiri pengurus Paguyuban Kades tingkat kecamatan sebagai persiapan untuk pelaksanaan program Desa Online di tahun 2017. “‘Pelaksanaan Desa Online merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang prima,”katanya.

Solihin mengatakan, persiapan yang harus dilakukan di antaranya masalah sumber daya manusia (SDM). Untuk SDM ini, nantinya akan diadakan pelatihan-pelatihan terhadap SDM yang sudah ada. Pihak desa tidak akan merekrut SDM baru untuk menangani program Desa Online ini. Pasalnya, untuk perekrutan SDM baru akan terkendala dengan peraturan. “Tidak bisa dengan rekrut tenaga baru, karena peraturannya tidak ada, sehingga akan memaksimalkan potensi tenaga yang sudah ada,”ujarnya.
Sementara itu, Ketua Paguyuban Kepala Desa Kab Kendal Bambang Utoro mengatakan, siap dengan program Desa Online. Namun, agar pelaksanaan program Desa Online bisa berjalan dengan baik, maka pihal desa meminta agar pencairan anggaran, baik Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) bisa lebih cepat. Tidak seperti pencairan anggaran tahun-tahun sebelumnya yang mengalami kelambatan karena terganjal dengan peraturan. “Kami sih siap saja, tapi pencairan anggaran tidak terlalu lama seperti tahun lalu. Untuk itu kami minta kepada pihak dewan supaya bisa mengawal pencairan anggaran nanti,”harapnya.
Selain program Desa Online, Bambang mengatakan, pada tahun 2017 nanti juga dipersiapkan untuk membentuk \Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ditargetkan ditahun 2017 nanti, semua desa di Kabupaten Kendal sudah membentuk BUMDes. Pembentukan BUMDes ini untuk mengangkat potensi desa, sekalihus pemberdayaan masyarakat yang diharapkan pada tahun 2018 sudah berjalan dengan baik. “Jika tahun 2017 BUMdes  sudah dibentuk, maka di tahun 2018 sudah bisa berjalan,”jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.