Para Veteran Hadiri Upacara Hari Pahlawan di Alun-alun Kendal

Upacara peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Kendal

0
515

Jadilah pahlawan masa kini yang dapat membanggakan bangsa Indonesia. Ucapan ini disampaikan Menteri Sosial RI, Juliari C Batubara pada upacara memperingati Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019) di Alun-alun Kendal. Sambutan Menteri Sosial itu disampaikan oleh Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita selalu inspektur upacara.

“Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momentum penting sejarah di dalam merebut kemerdekaan RI. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kekuasaannya di Indonesia,” ujarnya.

Disampaikan, bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan, kita akan lebih menghargai jasa dan menghormati para pahlawan. Kita bangkitkan sebagai inovasi bangsa Indonesia untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2019, “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi pahlawan itu bisa dilakukan oleh siapapun warga Indonesia dalam bentuk aksi nyata yang memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan melakukan perbuatan anarkis yang merugikan orang lain dan sebagainya,” jelasnya.
Dikatakan pula, bahwa menjadi pahlawan juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional.
“Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” katanya.
Upacara peringatan Hari Pahlawan dihadiri Wakil Bupati Kendal Masur Maskur, anggota Forkopimda, Sekda Kendal dan para pejabat Pemkab Kendal, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para veteran. Upacara diikuti ASN, TNI, Polri, ormas, mahasiswa dan pelajar.