Paripurna DPRD Kendal Setujui 3 Raperda Kendal Tahun 2021

Paripurna DPRD Kendal Setujui 3 Raperda Kendal Tahun 2021

0
176

Swarakendal.com : Rapat Paripurna DPRD Kendal yang dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto telah menyetujui tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kendal Tahun 2021, Selasa (28/12/2021). Rapat Sidang Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun.

Dua Raperda telah dibahas oleh Pansus 2 yakni, Raperda tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkoba di Kabupaten Kendal,  dan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh di Kabupaten Kendal. Satu Raperda lainnya dibahas oleh Pansus 3, yakni Raperda tentang  Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan tertentu di Kabupaten Kendal.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) 2 DPRD Kendal, Nashri dalam laporannya menyampaikan, bahwa, Pansus 2 telah selesai membahas 2 Raperda tersebut  berdasarkan evaluasi Gubernur Jateng. Pansus 2 telah menerima dan menyetujui 2 Raperda tersebut dan juga telah menyempurnakan kedua raperda tersebut. “Untuk itu Pansus 2 meminta untuk dapat segera diundangkan sesuai dengan Perda yang berlaku,” katanya. 

Sementara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan, satu Raperda tidak dilakukan fasilitasi Gubernur Jateng, karena mengatur mengenai retribusi, akan tetapi dilakukan evaluasi setelah dilakukan persetujuan bersama yaitu Raperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan tertentu di Kabupaten Kendal. “Yang dua pansus telah difasilitasi oleh Gubernur Jateng dan hasil fasilitasi dua Raperda dimaksud tertuang dalam Surat Gubernur Jawa Tengah tanggal 16 Desember 2021 perihal hasil fasilitasi Raperda Kendal,” jelasnya.

Bupati mengatakan, hasil pembahasan bersama Pansus 2 dan Pansus 3 DPRD Kendal secara umum adalah, pada prinsipnya Pansus 2 DPRD Kendal bersama eksekutif telah membahas dan mencermati serta mendalami hasil fasilitasi dari Gubernur Jawa tengah dan selanjutnya menyepakati untuk penyempurnaan dua Raperda Kab Kendal sesuai dengan hasil fasilitasi Gubernur Jawa Tengah. “Dengan telah dilakukan persetujuan bersama tiga Raperda Kabupaten Kendal diharapkan akan semakin meningkatkan kelancaran dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kendal, karena telah didukung oleh regulasi yang berlaku,” harapnya.