Peduli Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Kegiatan Posyandu di Kelurahan Karangsari

Peduli Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Kegiatan Posyandu di Kelurahan Karangsari

0
193

Swarakendal.com : Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Kegiatan Posyandu rutin dilaksanakan oleh Kelurahan Karangsari minimal 2 kali untuk balita dan 2 kali untuk lansia  dalam sebulan.

Saat penerjunan mahasiswa KKN di Kelurahan Karangsari tepat dengan pelaksanaannya kegiatan Posyandu pada  Februari ini tanggal 3 dan 19  untuk lansia, serta tanggal 8 dan 25 untuk balita. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Warga yang mengikuti Posyandu  sekitar 40 balita  dan 50 lansia. Bidan yang bertugas adalah Sri Wahyuningsih, Penguruas Puskesmas 1 Kendal dan beberapa kader posyandu, di antaranya Yuni yang membantu dalam proses posyandu.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah pendampingan posyandu oleh Devisi Kesehatan. Adapun tujuan posyandu yaitu menurunkan angka kematian bayi (AKB), menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita, memberikan penyuluhan tentang asupan gizi serta cara mempersembahkan ASI yang baik. Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB. Beberapa kegiatan utama pada posyandu adalah KIA, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

Kegiatan posyandu ini dimulai dengan membagikan masker kepada orangtua balita agar bidan dan masyarakat sekitar merasa aman agar tidak terkena Covid-19. Selanjutnya dilakukan  penimbangan balita, mengukur tinggi badan, kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

Yuni, salah satu kader posyandu mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UNDIP yang sudah ikut membantu dalam kegiatan rutin posyandu ini. “Mereka dengan sigap membantu tugas-tugas kami seperti mengukur tinggi dan menimbang berat badan bayi dan anak balita,” katanya.

Mahasiswi KKN merasa bersyukur telah diizinkan untuk dan dalam kegiatan posyandu ini meskipun ini baru pertama kali, dan kegiatan ini bisa berjalan sukses sesuai harapan. Dalam kegiatan posyandu ini, tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan menyemprotkan hand sanitizer sebelum ikut posyandu. (M. Husni Hibatullah)