Pelantikan Kepengurusan Baru PC GP Ansor Kabupaten Kendal Dilakukan secara Virtual

Pelantikan Kepengurusan Baru PC GP Ansor Kabupaten Kendal Dilakukan secara Virtual

0
765

Pelantikan Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kendal pada Minggu (26/7/2020) di ruang sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendal dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. Proses pelantikan dengan pengambilan sumpah dan ikrar jabatan berjalan singkat sekitar 7-10 menit pada pukul 11.00 WIB. Pengurus baru ini akan menjalankan masa bakti tahun 2020-2024.  


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir, pada kepemimpinannya, dirinya siap meneruskan beberapa program yang kepengurusan sebelumnya. Di antaranya pemberdayaan anggota dan pemberdayaan ekonomi kader. Pemberdayaan ekonomi kader menjadi prioritasnya untuk mewujudkan kemandirian organisasi. Di antaranya usaha peternakan kambing etawa di Kecamatan Cepiring dan beberapa kegiatan ekonomi lain untuk meningkatkan kesejahteraan rekan anggota GP Ansor.
“Perlahan dan pasti, kami akan bangkitkan ekonomi di lingkungan anggota dan masyarakat umum, contoh mengenalkan sistim pembayaran online yang sudah mulai dilakukan. ” terangnya.


Dirinya juga mencanangkan beberapa program lain seperti penguatan basis organisasi, merawat tradisi, hingga distribusi kader. Dalam distribusi kader, sudah banyak kader Ansor yang berhasil menempatkan diri pada posisi yang strategis. Seperti halnya dalam struktur pemerintahan desa, hingga tingkat dewan. Ia berharap ada kader-kader lain yang bisa menempatkan diri pada kedudukan tertinggi di tingkat kota, kabupaten, maupun provinsi. “Semoga aktivitas di GP Ansor ini bisa menambah kebaikan kita semua. Kami juga harus cinta kepada Ansor itu sendiri dan berjuang bersama untuk kepentingan kebersamaan,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Solahudin Aly (Gus Solah), berharap GP Ansor dapat menjadi mitra bagi masyarakat dan juga pemerintah setempat. Sebagai kader sudah sepantasnya mengemban tugas untuk menjaga khidmat dan kiprah organisasi. Selain itu, pengurus semestinya dapat mewujudkan dan mengimplementasikan doa dan harapan para kyai untuk pemuda Ansor. Harapannya agar kader Ansor benar-benar banyak bermanfaat kepada orang lain, membantu dengan sukarela kepada sahabat sebagai penolong. 
“Kami berharap Ansor Kendal semakin bercahaya. Harus bergerak lebih maju setelah dibangun pondasinya oleh sahabat kepengurusan sebelumnya. Namun, selesaikan dulu urusan pribadi masing-masing dan kemudian menjadi jiwa penolong,” terangnya.


Gus Solah mengatakan, GP Ansor harus bersiap menjalani tantangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada. Termasuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sahabat Ansor sendiri. Siapa pun yang memiliki posisi di manapun berada harus bisa memberikan manfaat kepada orang lain juga pemberdayaan masyarakat. “Penting juga membangun gerakan ekonomi, bersinergi, bergerak dan berkesinambungan semua lini. Dan di Kendal ini, unik dan menarik. Banyak kader ansor berani keluar menjadi dan mengajukan diri menjadi pemimpin, ini harus kembangkan,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun menyampaikan perjuangan Ansor dalam mengabdikan diri untuk masyarakat patut diapresiasi. Dirinya berharap para pengurus dan anggota dapat menjaga marwah dan ajaran Ahlussunnnah wal Jamaah untuk berkhidmat menjalankan roda organisasi yang bagus dan bermanfaat bagi semua orang.
“Saya ucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru. Saya kalau berdiri di tengah-tengah sahabat Ansor, seperti di rumah sendiri. Jaga sinergitas antar anggota kepengurusan dan juga kepada masyarakat dan pemerintahan,” terangnya. (Adv/Sam)

Bupati Kendal Mirna Annisa yang diwakilkan kepada Kabag Kesra Pemkab Kendal, Muchrozi menyampaikan, bahwa  Pemerintah Kabupaten Kendal menaruh harapan besar kepada pengurus baru PC GP Ansor Kendal untuk turut menjadi pionir pencegahan covid-19. Selain menjadi organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat, juga turut membantu pemerintah dalam mencegah penularan virus corona. Pihaknya berharap para pengurus bisa mencontohkan langsung dan mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat. 
“Teman-teman Ansor bisa ikut memberikan pencerahan dan sosialisasi. Mari bersama contohkan budaya kesehatan kepada masyarakat Kendal,” tuturnya.


Selain itu, Muchrozi juga berharap dalam program kegiatan GP Ansor terdapat pembenahan administrasi masjid maupun musala di Kendal. Terlebih dalam kepengurusan administrasi pertanahan maupun bangunan yang ada. Pasalnya, administrasi yang jelas dapat menghindarkan hal-hal yang bisa saja memicu persengketaan dan mengganggu jalannya ibadah di kemudian hari. Terlebih dapat menjadi percontohan oleh kabupaten maupun kota lainnya. “Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu sinergi yang kuat dengan pemerintahan. Mudah-mudahan Ansor lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.