Pembangunan Pelabuhan Niaga Kendal Terus Dikerjakan

Pembangunan Pelabuhan Niaga Kendal terus dikerjakan

0
1491
Pembangunan Pelabuhan Niaga Kendal terus dikerjakan.  Di tahun 2018 ini Pemkab Kendal bakal menganggarkan pembangunan Pelabuhan Niaga Kendal sebesar Rp 10 miliar bersumber dari APBD Kendal.  Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan masuk pelabuhan sebesar Rp 9 miliar dan pembangunan kantor Pelabuhan Niaga yang bertahap sebesar Rp 1 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal, Suharjo mengatakan, saat ini masih menunggu proses lelang. Pembangunan jalan pelabuhan yang dimaksud adalah untuk satu lajur lainnya dari jalan yang sudah dibangun.  Sedangkan untuk pembangunan kantor pelabuhan niaga adalah meneruskan bangunan yang sudah separuh yang akan dirampungkan dengan anggaran Rp 1 miliar tersebut. “Semoga tahun ini bisa tergarap,”ujarnya.
 
Pembangunan pelabuhan tersebut membutuhkan anggaran yang besar. Oleh karena itu Dishub saat ini juga tengah mengusulkan ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub), yaitu untuk pembangunan break water (pemecah ombak) untuk menyelesaikan yang sudah ada sebesar Rp 80 miliar. Juga untuk pengerukan endapan pasir perairan dermaga kapal akan diusulkan ke Kemenhub minimal Rp 40 miliar.  Pengerukan harus dilakukan, karena untuk bisa kapal besar bisa bersandar di dermaga Pelabuhan Niaga minimal kedalaman 4-6 meter. Sedangkan kondisi saat ini, kedalaman dermaga hanya 2-3 meter saja. 
“Butuh anggaran besar, kalau APBD Kendal jelas tidak mampu,”katanya.
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.