Pembuatan KIA di Kendal Cukup Tinggi

Pembukaan KIA di Kendal

0
1085
Antusias warga Kabupaten Kendal untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA) cukup besar. Hal ini diketahui saat acara Kendal Explore yang digelar selama satu minggu, pelayanan pembuatan KIA di stand Dispendukcapil mencapai 2.000 anak.

Kepala Dispendukcapil Kendal, Bambang Dwiono mengatakan, pada hari pertama hanya bisa melayani pembuatan KIA sebanyak 60, karena hanya menggunakan satu unit alat perekam data. Padahal antusias warga cukup besar. Untuk meningkatkan pelayanan, maka mulai hari kedua, pihak Dispendukcapil menambah dua unit alat dengan meminjam alat dari Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang. “Kami memang sudah pernah kerja sama dengan Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang untuk saling meminjam alat perekam jika membutuhkan,” katanya.
Bambang Dwiono mengatakan, saat ini Dispendukcapil Kendal  sudah membuat sekitar 65.000 KIA. Saat ini pelayanan pembuatan KIA, termasuk KTP elektronik dan dokumen lainnya hanya dilayani di kantor Dispendukcapil dan empat eks kawedanan, yaitu di eks kawedanan Weleri, Kaliwungu, Boja dan Selokaton. “Untuk meningkatkan pelayanan, kami sedang mengajukan tambahan peralatan ke pemerintah pusat,” ujarnya.
Pembukaan KIA itu diperuntukkan bagi anak usia di bawah 17 tahun. Untuk anak usia sampai 5 tahun, KIA tidak menggunakan foto, sedangkan untuk anak usia di atas 5 tahun sampai di bawah 17 tahun, KIA harus menggunakan foto.
Dikatakan, bahwa KIA bagi anak itu sangat penting dan harus dibawa ketika bepergian. Pasalnya dengan membawa KIA, selain membuat anak senang, juga bisa membantu jika anak terpisah di jalan, maka akan memudahkan untuk mencari alamat rumah anak tersebut. “KIA ini banyak manfaatnya, di antaranya bisa memudahkan untuk mencarikan alamat si anak, jika tersesat di jalan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.