Pembuatan Trucuk Bambu untuk Penanganan Darurat Longsor Kali Bodri di Desa Lanji Patebon Ditarget 1 Minggu Selesai

Penanganan darurat tanggul Kali Bodri di Desa Lanji dengan trucuk bambu

0
1271
Bantaran Kali Bodri di Desa Lanji Kecamatan Patebon yang longsor akibat arus sungai, sudah dilakukan penanganan mulai Senin 6 Januari lalu. Penanganan dilakukan dengan membuat trucuk bambu di area yang tergerus arus sungai. Sebelum pekerjaan pembuatan trucuk bambu, warga desa setempat melakukan selamatan.

M. Rudin, pelaksana pembangunan trucuk bambu mengatakan, untuk penanganan sementara yang dilakukan oleh Pusdataru Jawa Tengah berupa pembuatan trucuk bambu yang berfungsi sebagai penahan arus sungai. Dengan adanya trucuk bambu, maka arus sungai ketika banjir tidak langsung mengenai tanggul yang berbatasan dengan pemukiman warga. Pekerjaan pembuatan trucuk bambu akan selesai sekitar satu minggu. “Minggu depan targetnya sudah selesai,” katanya.
Camat Patebon, Mugiono berharap, penanganan darurat dari Pusdataru Jawa Tengah dengan memasang trucuk bambu bisa segera selesai. Dengan perbaikan sementara ini, maka masyarakat merasa aman, karena sudah ditanggulangi walaupun bersifat sementara.
“Untuk pembangunan tanggul permanen akan dilakukan tahun ini juga, namun karena kondisi darurat di musim hujan ini, maka untuk sementara dibangun trucuk bambu dulu,” katanya.