Pemerintah Kecamatan Weleri Launching Aplikasi Si KENDAL

Pemerintah Kecamatan Weleri Launching Aplikasi Si KENDAL

0
494

Swarakendal.com : Pemerintah Kecamatan Weleri melaunching SI KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) di Pendopo Kecamatan Weleri, Kamis (18/8/2022). Launching dihadiri Rektor Universitas Sains Teknologi Komputer (STEKOM) Semarang Dr Joseph Teguh Santoso bersama Wakil Rektor Bidang Keuangan Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi Fujiama Diapoldo Silalahi. Launching juga dihadiri perwakilan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, BKPP, Baperlitbang, Satpolkar, Bagian Pemerintahan Setda, Bagian Organisasi Setda, Camat se-Kabupaten Kendal, Forkopimam Weleri. Kasi dan Kasubag Kecamatan Weleri, Kades se kecamatan Weleri, dan Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Weleri. 

Launching yang rencana dilakukan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto akhirnya didelegasikan ke Diskominfo dan dilakukan oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Heri Aryanto dengan menempelkan telapak tangan di layar komputer yang diikuti tayangan penjelasan tentang aplikasi Si KENDAL.


Sekretaris Kecamatan Weleri Moh Fatkhurahman SH ME mengatakan, aplikasi si KENDAL merupakan inovasi penggunaan teknologi informatika dalam penataan dan pelayanan arsip di Kecamatan Weleri yang diharapkan menjadi solusi di era digital. Perubahan yang dilakukan adalah mengamankan atau menyimpan arsip dalam bentuk elektronik (e-arsip) yang setiap saat dapat dibuka dan diunduh, sehingga dapat mempercepat kinerja organisasi. “Dengan adanya inovasi aplikasi ini, maka akan berdampak efisiensi baik waktu pencarian arsip, biaya pemeliharaan arsip, tempat arsip, ataupun kecepatan dalam mengambil sebuah keputusan/kebijakan,” jelasnya.


Camat Weleri, Marwoto mengatakan, bahwa Si KENDAL merupakan aplikasi kearsipan yang sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Kendal Nomor 35 Tahun 2021 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang mengatur pengintegrasian aplikasi.  Dengan adanya Si KENDAL, maka pelayanan publik meningkat, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih transparan, sehingga kinerja aparatur meningkat.
“Saya berharap aplikasi Si KENDAL ini dapat terus diimplementasikan di Kecamatan Weleri hingga semua desa. Saya juga berharap kepada OPD terkait agar dapat mengembangkan aplikasi ini agar lebih bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Kendal,” harapnya.


Sementara Rektor Universitas STEKOM, Joseph Teguh Santoso dalam sambutannya mengingatkan, agar tidak jatuh kedalam kemiskinan teknologi, karena akan berdampak luas. Dia pun berharap, Universitas STEKOM dapat menjadi sahabat bagi instansi. “Kami menerima ide, saran,dan masukan apa yang hendak dikembangkan. Harus ada pembaharuan disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.