Pemkab Kendal Gerakkan Kerja Sama Pariwisata dengan UMKM

Pemkab Kendal Gerakkan Kerja Sama Pariwisata dengan UMKM

0
189

Swarakendal.com : Sebanyak 30 pelaku UMKM mengikuti Bazar UMKM yang digelar di objek wisata Omahe Opa di Patean, Minggu (13/2/2022). Kegiatan yang diprakarsai Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kendal ini sebagai bentuk kolaborasi pariwisata dengan UMKM setempat. Berbagai produk yang dipromosikan, seperti batik, aneka kerajinan, produk makanan dan minuman.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, tempat wisata bisa menjadi penggerak untuk mengangkat UMKM, sehingga produk UMKM semakin berkembang. Para pelaku UMKM harus mempunyai semangat yang mengembangkan produknya supaya lebih bagus lagi.

“Seluruh destinasi pariwisata, baik yang dikelola oleh Pemkab Kendal, Pemerintah Desa, maupun yang dikelola oleh swasta harus bisa bersinergi, memiliki visi misi yang sama mengembangkan pariwisata dan juga mengintegrasikan antara pariwisata dengan UMKM,” katanya.

Menurut Bupati Dico, UMKM ini menjadi pendorong dan penggerak ekonomi, khususnya paska pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemkab Kendal akan terus memberikan stimulus kepada para pelaku UMKM. “Kami sudah mempersiapkan banyak sekali program di tahun 2022 ini, sehingga para pelaku UMKM ini ke depan bisa terus berkembang,” jelasnya.

Pemilik Wisata Omahe Opa, Utomo mengatakan, tempat wisata yang dikelolanya, menyediakan tempat untuk UMKM. Pihaknya tidak menarik biaya sewa, tetapi hanya ditarik uang kebersihan. “Semenjak buka sudah mulai kerja sama dengan UMKM, dan kami juga menyediakan tempat untuk jualan UMKM,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, kolaborasi dengan UMKM akan dilakukan di tempat wisata lainnya. Tempat wisata diharapkan sering mengadakan event-event dengan melibatkan UMKM. Demikian pula BUMDesa harus menggerakkan UMKM. “Ini bagian dari program yang dicanangkan oleh Bupati, bahwa kita harus selalu bikin pop market dan event-event untuk UMKM, salah satunya kerja dengan tempat wisata ini, yaitu UMKM berjualan di sini,” katanya.

Pemkab Kendal sendiri akan memfasilitasi agar UMKM Kendal bisa naik kelas, sehingga produknya bisa ekspor ke luar negeri. “Harapan kita produk UMKM Kendal ada yang bisa ekspor ke luar negeri,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.