Pemkab Kendal Launching Aplikasi Kendal Karier untuk Permudah Cari Kerja

Pemkab Kendal Launching Aplikasi Kendal Karier untuk Permudah Cari Kerja

0
234

Swarakendal.com : Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) melaunching aplikasi Kendal Karier, Kamis (19/5/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Launching dilakukan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersamaan dengan Kunjungan Menteri Keuangan Singapura Mr Wong Shyun Tsai Lawarance.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, aplikasi Kendal Karier ini untuk mempermudah para pencari kerja dalam mendapatkan akses lowongan pekerjaan. Bupati berharap aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, sehingga terjadi hubungan baik antara pencari kerja dengan perusahaan dalam mencari sumber daya yang optimal dan berkelanjutan. “Kami mengajak seluruh masyarakat Kendal dan para investor untuk memanfaatkan aplikasi Kendal Karier secara maksimal, sehingga terjadi hubungan baik antara pencari kerja dan perusahaan dalam mencari sumber daya manusia yang optimal dan berkelanjutan,” ajaknya.

Kepala Disperinaker Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, bagi masyarakat Kendal yang ingin mencari pekerjaan sudah bisa mengakses aplikasi Kendal Karier. Untuk perusahaan pencari kerja, juga sudah bisa mengakses aplikasi ini untuk merespon dan menyeleksi para pencari kerja yang ada, sesuai dengan kualifikasi perusahaan.  “Para pencari kerja di Kabupaten Kendal sudah bisa memanfaatkan aplikasi ini, yaitu para pencari kerja bisa mengakses aplikasi ini untuk melamar pekerjaan yang ada,” katanya.

Terkait dengan pelatihan para calon pencari kerja, pihak perusahaan bisa mengadakan secara mandiri atau bekerja sama dengan Pemda. Dalam hal ini Pemda berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian untuk memfasilitasi pelatihan tersebut. Kemudian, pasca pelatihan, maka para pencari kerja langsung diserap sebagai tenaga kerjanya. “Perusahaan bisa mengusulkan kepada Pemda untuk memfasilitasi pelatihan dan nantinya Pemda akan berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian yang akan mengadakan pelatihan,” katanya.

Saat ini sudah ada 22 perusahaan yang berkolaborasi dengan Pemkab Kendal yang dua perusahaan di antaranya  dari luar daerah Kendal. 

Setelah launching aplikasi ini, dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Program Prestasi dan Aplikasi Kendal Karier, yang diikuti admin IT dari masing-masing kecamatan dan admin IT perusahaan. Masyarakat bisa konsultasi dengan kecamatan, jika belum paham tentang aplikasi Kendal Karier ini.

“Pada sosialisasi ini juga menghadirkan pihak Bursa Kerja Khusus SMK, sehingga lulusan SKM yang akan mencari kerja bisa mengakses aplikasi ini,” pungkasnya.