Penghargaan Desa Handal Diberikan pada Hari Jadi Kabupaten Kendal

0
549

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kendal melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kendal yang ke 415 Tahun 2020. Dalam rangka ini Pemerintah Kabupaten Kendal juga akan memberikan penghargaan kepada 3 Desa yang termasuk dalam kategori Desa / Kelurahan Handal Covid -19.

19 Desa dan 1 Kelurahan di Kabupaten Kendal  telah mengikuti Penilaian Desa / Kelurahan Handal Covid-19 yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten pada tanggal 10 – 27 Juli 2020. juara 1, 2, dan 3 mendapatkan piagam penghargaan yang akan di berikan langsung oleh Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si.

Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh tiga Camat dan Kepala Desa yang masuk dalam 3 besar Penilaian Desa / Kelurahan Handal Covid-19, yaitu Camat dan Kepala Desa Trisobo Kecamatan Boja, Camat dan Kepala Desa Bangunsari Kecamatan Patebon,  juga Camat dan Kepala Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum.

Budiyono Kepala Desa Kedunggading mengatakan di Hari Jadi Kabupaten Kendal ke 415 tahun 2020, ia diundang oleh DPRD Kabupaten Kendal  untuk hadir pada Rapat Paripurna dan sekaligus akan menerima penghargaan desa handal covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Hari ini Alhamdulillah, di Hari Jadi Kabupaten Desa Kedunggading mendapatkan reward atau penghargaan dari Pemkab Perkenaan dengan Penilaian Desa / Kelurahan Handal menangani Covid-19,” ujarnya.

Indikator penilaian yang diberikan oleh Pemkab meliputi; Adanya rumah isolasi mandiri, Administrasi kelembagaan, Pembiayaan, Pelaksanaan kegiatan-kegiatan percepatan penanganan covid-19 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga, melaksanakan kegiatan-kegiatan inovasi yang dibentuk dalam upaya percepatan penanganan covid-19.

Ia juga menerangkan siapa saja yang menjadi juri terkait penilaian desa handal tersebut. “Jurinya dari Perwakilan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Polres, Kesbangpol, Dandim dan semua yang terkait dengan penanganan covid -19,” terangnya.

Budiyono memberikan informasi bahwa Desa Kedunggading merupakan salah satu Desa di Ringinarum yang masih zona hijau. “Alhamdulillah Ringinarum masih zona hijau, dan termasuk dalam 3 kecamatan di Kabupaten Kendal  yang masih hijau,” ujarnya.

Selain tempat cuci tangan Desa Kedunggading juga menyediakan face shield untuk Guru Madrasah dan TPQ. Kepala Desa beserta lembaga juga  memastikan bahwa murid siswa dan siswi Madrasah dan TPQ  selalu melakukan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, hand sanitizer,  mencuci tangan dan sebelum masuk ruang kelas akan di cek suhu tubuh siswa menggunakan thermo gun terlebih dahulu. 

Kepala Desa Kedunggading juga berpesan kepada masyarakat agar selalu mengenakan masker, dan hindari kerumunan saat berada diluar rumah. Jika terpaksa untuk keluar rumah pastikan patuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan karna orang yang paling berpengaruh dalam penanganan covid-19 adalah diri sendiri.

Mahsunatul Riska /UNISSULA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.