Pengurus Baznas Kabupaten Kendal Dukukuhkan

0
1154

Potensi zakat di Kab Kendal dari kalangan pegawai negeri cukup besar. Jika semua PNS di Kab Kendal yang berjumlah 10.169 orang mengeluarkan zakat sebesar 2,5%, maka dalam sebulan bisa tergalang dana zakat sebesar 870 juta atau 10 Miliar dalam setahun. Hal ini disampaikan Ketua Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kab Kendal KH Ubaidi saat Pengukuhan Pimpinan Badan Baznas Kab Kendal masa bakti 2016-2021 di OR Setda Kendal Selasa (31/5/2016).

Kyai Ubaid yang dipercaya sebagai Ketua Baznas Kendal berharap, peran dan dukungan dari pemerintah bisa maksimal. “Jika Bupati bisa terlibat langsung dengan membuat Surat Edaran ke SKPD atau instansi pemerintah, saya kira akan bisa maksimal,”ujarnya.

KH Ubaidi didampingi empat Wakil Ketua (WK), yaitu WK1 Hj Nunu Sarah Zaenubia, WK2 Yusuf Darmawan, WK3 H Ali Tjasman dan WK4 Muh Khoirudin mengatakan akan segera membentuk kepengurusan dan petugas-petugas hingga ke tingkat kecamatan dan desa agar bisa bekerja secara maksimal. “Insya Allah bulan Ramadan sebelum Idul Fitri sudah mulai bekerja menggalang zakat,”katanya.

Sekda Kendal Bambang Dwiono yang mewakili Bupati Kendal dr Mirna Annisa melakukan pengurus Baznas Kendal berharap, semua pengurus Baznas Kendal memiliki komitmen yang kuat agar orgaisasi berjalan dengan baik dan menjadi satu-satunya badan zakat yang profesional.  Dalam pendistribusiannya juga harus tepat sasaran atau sesuai kondisi obyektif, sehingga bisa membantu meringankan beban kaum duafa dan pemberdayaan penerima untuk meningkatkan kesejahteraan. “Keadministrasian harus baik dan secara rutin menyampaikan laporan terbuka, baik dana yang dihimpun atau penyalurannya, supaya ke depan Baznas akan semakin kuat,”harapnya.

Acara Pengukuhan yang dihadiri perwakilan dari semua kecamatan dan KUA kecamatan sekaligus sosialisasi. Pada kesempatan itu, Ketua Muhammadiyan Kendal, KH Muslim mengatakan, bahwa pegawai yang gajinya minimal Rp 3 juta, sudah wajib membayar zakat, karena jika dibandingkan dengan penghasilan petani, sudah mencapai nisab. “Pegawai yang gajinya tiga juta,  zakatnya cuma 75 ribu,”jelasnya.

KH Muslim juga memberikan semangat kepada pengurus dan mengatakan, bahwa “Zakat itu Hebat untuk Melayani Umat.