Peringati Hari Menanam Pohon, DLH Kendal Tanam 800 Pohon di Lahan Bekas Galian C

Peringati Hari Menanam Pohon, DLH Kendal Tanam 800 Pohon di Lahan Bekas Galian C

0
51

Swarakendal.com : Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal melakukan aksi menanam pohon di lahan bekas tambang galian C di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu, Minggu (28/11/2021). Aksi memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia ini dilakukan bersama seluruh elemen masyarakat, komunitas dan relawan. Ada 800 pohon yang ditanam di sekitar lokasi bekas galian C.


Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Iwan Muhtadi mengatakan, penanaman pohon ini untuk mengembalikan kondisi lingkungan.  Lokasi penanaman di Desa Nolokerto mengingat lahan ini adalah bekas tambang galian C. “Rencananya kedepan akan terus meminimalisir lahan kritis yang ada di Kendal,” katanya.


Sementara Asisten Pembangunan Setda Kendal, Tavip Purnomo berharap, momen Hari Menanam Pohon ini bisa memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan lahan melalui penanaman pohon. “Ini sebagai upaya untuk memulihkan kerusakan lahan, khususnya akibat penambangan galian C untuk mencegah banjir dan tanah longsor,” katanya.


Tavip mengatakan, gerakan penanaman ini dilatarbelakangi perubahan iklim secara global yang berdampak terganggunya ekosistem. Dengan menanam pohon berarti turut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dari pemanasan global. “Gerakan menanam pohon ini penting, sehingga harus digalakkan,” ujarnya.


Dikatakan, lokasi bekas lahan galian C ini sebagian difungsikan sebagai perumahan. Kawasan ini menjadi prioritas utama untuk memulihkan kondisi alam agar menjadi stabil. Selain itu bisa dimanfaatkan kembali sebagai ruang terbuka hijau.


“Saya berharap gerakan menaman pohon ini dapat berkelanjutan pada bulan Desember sebagai bulan menanam nasional untuk mengurangi kerusakan alam, sehingga memperbaiki kualitas lingkungan hidup,” pungkasnya.