Perpani Kendal akan Kembangkan Olahraga Panahan

Perpani Kendal akan Kembangkan Olahraga Panahan

0
469

Swarakendal.cm : Pengurus Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kendal yang baru dilantik bertekad memajukan olahraga panahan di Kabupaten Kendal. Pengukuhan dan Pelantikan Perpani Kendal dilakukan di Gedung Abdi Praja, Sabtu (16/7/2022). Olahraga panahan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Perpani Kendal juga belum lama bergabung dengan Koni Kendal.

Ketua Umum Perpani Kabupaten Kendal Sulistyo Aribowo mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan semua stakeholder untuk memajukan olahraga panahan di Kendal. Salah satunya dengan sekolah agar membuka olahraga panahan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. “Olahraga panahan ini butuh tempat latihan khusus dan peralatannya juga mahal, maka sekolah bisa memfasilitasi anak-anak yang ingin berlatih panahan,” katanya.

Ari mengatakan, untuk memasyarakatkan olahraga panahan, pihaknya akan mengenalkan jargon panahan sebagai olahraga sunnah. Selama ini panahan masih dianggap sebagai olahraga yang eksklusif. Saat ini di Kendal baru ada sekitar 15 klub olahraga panahan. “Olahraga panahan ini banyak dikenal masyarakat atau belum membumi, sehingga jika dikemas sebagai olahraga sunah, sepertinya akan banyak yang tertarik,” ujarnya.

Dikatakan, sebenarnya olahraga panahan termasuk cabang olahraga yang diandalkan, karena memiliki prestasi yang dibanggakan. Seperti pada PON Papua 2021, berhasil menyumbangkan satu medali emas dan satu medali perak bagi kontingen Jawa Tengah. Tantangan di Perpani Kendal masih minim SDM, terutama jumlah pelatih masih terbatas. Sarpras juga minim, sehingga masing-masing klub masih mandiri. “Untuk meningkatkan prestasi, kata kuncinya adalah, pengurus harus solid, hubungan pengurus dengan klub harus baik, dan membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder,” tandasnya.

Ketua Koni Kabupaten Kendal, Subur Isnadi mengatakan, keterbatasan anggaran jangan menjadi kendala dalam meningkatkan prestasi. Hal ini dialami oleh semua cabang olahraga, pemerintah maupun daerah mengalihkan anggaran untuk penanganan pandemi Covid_19. Dia pun meminta kepada pengurus untuk fokus dulu menghadapi pra kualifikasi Porprov 2023. “Sementara fokus dulu kepada dua atlet yang akan maju pada pra kualifikasi Porprov. Jika sukses lolos prakualifikasi dan sukses di Porprov 2023 nanti, tentu akan mendapatkan perhatian lebih,” katanya. 

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid berharap, pengurus Perpani ini bisa membawa perubahan olahraga panahan di Kendal.  Cabor panahan harus bisa meraih prestasi di tingkat Jawa Tengah, terutama pada Porprov Jateng mendatang. “Jadi, harus kerja keras, bersinergi dan kerjasama semua pihak untuk meningkatkan prestasi,” ujarnya.

Sekretaris Umum Perpani Jateng, Martin Sudarmono juga berharap, pengurus baru ini bisa membawa olahraga panahan di Kendal meraih prestasi di tingkat Jateng maupun nasional, bahkan internasional. Pasalnya, prestasi panahan di Jawa Tengah berhasil menyumbangkan dua medali pay PON Papua. Prestasi panahan Indonesia di Sea Games juga mendulang dua medali emas. “Potensi panahan kita ini cukup besar, maka pembibitan, pembinaan dan peningkatan SDM pelatih harus ditingkatkan. Perpani Jateng juga berupaya meningkatkan prestasi, yaitu akan meningkatkan SDM pelatih kabupaten dan memfasilitasi event-event kejuaraan daerah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.