Perpindahan Kantor Instansi Ternyata Tidak Bisa Cepat

0
883

Proses pindah kantor yang dilakukan instansi-instansi Pemkab Kendal ternyata butuh waktu berhar-hari. Pasalnya barang-barang dan arsip-arsip kantor yang harus dibawa jumlahnya cukup banyak. Semula diperkirakan Senin (9/1/2017) perpindahan kantor sudah selesai. Namun faktanya belum juga selesai, bahkan pengangkutan barang-barangnya saja belum selesai.

Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal yang harus mengangkut semua peralatan dan arsip-arsip hingga Senin (9/1/2017) belum juga selesai. Bahkan satu gudang logistik sama sekali belum diangkut ke kantor baru di Jalan Laut yang semula ditempati Bina Marga. Satgas SAR BPBD Kendal, Yoga Saputra Fatkhur mengatakan, masih banyak barang yang diangkut, seperti logistik. “Kalau arsip-arsip sudah semua diangkut, hanya logistik yang belum,”katanya.

Kendala proses pindah kantor lainnya adalah kantor yang akan ditempati perlu ada penataan ruang. Pasalnya, antara kantor lama dengan yang baru kondisinya berbeda, sehingga harus melakukan penataan ruang di kantor yang baru. Belum lagi jika kantor yang baru kondisi ruangnya lebih sempit. Seperti Bagian Humas Setda Kendal, yang sekarang bergabung dengan Dinas Kominfo, kini harus pindah di kantor yang semula ditempati Staf Ahli Bupati yang ruangnya lebih sempit. “Membagi ruang supaya semua barang-barang bisa tertata agak susah, karena ruangnya sempit,”ujarnya.

Beberapa kantor ternyata ada yang sama sekali belum melakukan pemindahan, seperti Bagian Umum Setda Kendal, karena masih menunggu pengosongan barang-barang dari penghuni lama. Demikian pula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu belum melakukan aktivitas pindah kantor. Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Drs. Suparjan, belum mulai pindah karena menunggu kantor baru di depan Taman Gajahmada belum dilakukan penataan ruang. “Masih di kantor semula, karena menunggu kantor yang baru ditata,”ujarnya.