Petugas Kesehatan Hewan Periksa Tempat-tempat Penjualan Hewan Kurban

Pemeriksaan hewan kurban di Kendal

0
544

Dinas Pertanian dan Pangan Kendal mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penjualan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan memenuhi persyaratan kurban yang ditentukan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan, pihaknya akan memberikan Surat Keterangan kepada calon penerima jika hewan kurban tersebut telah memenuhi persyaratan. Surat tersebut diberikan jika hewan tersebut dalam keadaan sehat, tidak cacat dan cukup umur.

“Pada pemeriksaan memang ditemukan 2 ekor kambing yang sakit mata dan beberapa yang diare, namun setelah dilakukan pengobatan selama 3 hari bisa sembuh, sehingga tidak ada masalah,” katanya.

Pemeriksaan sudah mulai dilakukan 2 minggu yang lalu dan akan terus dilakukan sampai H-1 di seluruh Kendal. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan ke rumah pemotongan hewan untuk memeriksa kelayakan daging kurban bebas dari cacing, rabies dan lainnya.

“Nanti pada saat penyembelihan, kamu juga akan melakukan pemeriksaan ke masjid atau tempat-tempat yang menyembelih hewan kurba untuk mengetahui penyakit, terutama cacinh hati pada hewan kurban sapi,” pungkasnya.