Pihak Terkait segera Tangani Kondisi Tanggul Kali Bodri yang makin Parah

Pihak Terkait segera Tangani Kondisi Tanggul Kali Bodri yang makin Parah

0
527
Kondisi bantaran Kali Bodri di Desa Lanji Kecamatan Patebon semakin parah. Setelah mengalami amblas beberapa kali akibat tergerus arus sungai, saat ini tanah yang berada di pinggir bronjong pun mulai retak akibat hujan beberapa hari terakhir ini. Kondisi tersebut sangat membahayakan, karena di balik tanggul nterdapat pemukiman warga.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiyono mengatakan, karena kondisi sudah kritis, maka pada Senin 24 Februari 2020 melakukan musyawarah dengan warga dan Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah. Jika tanggul bronjong sampai jebol, dampaknya bisa sangat parah, oleh karena itu harus segera ditangani. “Jika tanggul jebol, maka rinuan warga di dua kecamatan, yakni Patebon dan Kendal, bisa terkena banjir,” katanya.

 

Petugas dari Dinas PSDA Provinsi Jateng, Adi Darmawan mengatakan, dari hasil rapat kepala dinas, memutuskan akan dibuatkan lagi tanggul di sebelah kanan tanggu lama. Untuk pembuatan tanggul yang baru, maka harus melakukan pembebasan tanah warga yang berada di bantaran sungai. “Sesuai dengan gambar rencana, ada 10 hingga 20 meter untuk pembuatan tanggul baru, sebab jika akan dibangun di sisi kiri, juga tidak memungkinkan,” jelasnya.
Kepala Desa Lanji, Nur Faizun mengatakan, jika akan dibuatkan tanggul baru, maka harus dikomunikasikan  dengan warga, agar bisa direlokasi di lahan milik PSDA Provinsi Jateng. Ini sudah yang kesekian kalinya tanah bantaran longsor atau ambles. “Saya berharap bisa segera diperbaiki. Mudah-mudahan tidak sampai terjadi banjir bandang,’’ tuturnya.